PADANGSIDIMPUAN - PLN Icon Plus Sumbagut semakin intensif untuk merapikan kabel fiber optic di tiang PLN di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. "Hal ini sebagai respons terhadap penurunan kualitas instalasi akibat musim penghujan," ujar Senior Manager PLN Icon Plus Sumbagut, Ajun Muhammad Imanto, Sabtu (24/2/2024).
 
Diungkapkannya, berfokus pada pergantian aksesoris kabel fiber optik, peninggian kabel, pengikatan kabel menjadi satu dan juga penyambungan ulang core fiber optic yang sudah kurang baik.
 
Misi kegiatan ini adalah meningkatkan keandalan jaringan pelanggan PLN Icon Plus dan juga meningkatkan keselamatan terhadap pelanggan PLN Icon Plus ataupun masyarakat yg berada di sekitar wilayah tersebut.
 
Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, telah memberikan arahan yang tegas mengenai pengelolaan aset ketenagalistrikan (Right of Way).
 
"Sebagai subholding PLN, PLN Icon Plus memiliki tanggung jawab besar dalam memanfaatkan aset tersebut tanpa mengorbankan kehandalan kelistrikan PLN," sebut Ajun.
 
"Sebaliknya, PLN Icon Plus berkomitmen memberikan kontribusi positif berupa layanan yang handal, keamanan, keselamatan, dan estetika yang baik kepada masyarakat sekitarnya," tambahnya.
 
Kegiatan ini, dikatakan Ajun, memiliki dampak besar menurunkan durasi dan frekuensi gangguan kabel sehingga dapat meningkatkan totalitas pelayanan terhadap pelanggan PLN Icon Plus di Kecamatan Natal.
 
PLN Icon Plus Sumbagut Bidang Operasi Pemeliharaan dan Asset telah ditugaskan untuk melaksanakan program penataan dan perapihan kabel fiber optic. Pada kesempatan ini, pilihan lokasi diputuskan di wilayah Natal.
 
Diawali dengan safety briefing bersama PLN ULP Natal, seluruh petugas dilibatkan untuk pengecekan satu persatu tiang PLN. Route penelusuran dimulai dari Panyabungan – Muara Soma – Singkuang.
 
"Alhasil segala temuan instalasi kabel fiber optic yang menurun, berhasil diperbaiki dengan sempurna," ungkapnya.
 
Penerapan program penataan dan perapihan kabel optik yang berkesinambungan, seraya koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan PLN Unit terkait, didukung oleh kompetensi petugas baik dari sisi teknis maupun K3.
 
"Kami menunjukkan komitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan juga masyarakat sekitar," pungkas Ajun.