PALAS - SMA N 1 Barumun, berhasil meraih juara umum perkemahan iman dan taqwa(Perimtaq) ke XV tahun 2024, tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Padanglawas(Palas). Sementara untuk tingkat Penggalang disabet oleh MTs Jafa'riyah Hutaibus,Kecamatan Lubuk Barumun, dikegiatan penutupan Perimtaq di bumi perkemahan Tor Sipiramanuk Surodingin,Kecamatan Lubuk Barumun,Minggu(25/2/2024).

Kegiatan perkemahan iman dan taqwa( Perimtaq) ke XV tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Palas secara resmi ditutup Sekda, Arpan Nasution,S.Sos didampingi Ketua Kwarcab Pramuka, Zainuddin Hasibuan,S.Pdi,MM.

Pj Bupati Palas, Dr.Edy Junaedi, S.STP,MM diwakili Sekda,Arpan Nasution,S.Sos mengatakan, di era globalisasi saat ini,kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih.Akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

"Dasa Darma Pramuka yang diterapkan bagi anggota pramuka menjadi faktor utama untuk membangun manusia atau kaum muda yang cerdas yang menguasai ilmu prngetahuan," katanya.

Kata Sekda, pramuka membentuk kaum muda yang tangguh kepribadiannya luhur budi pekerti hidup dalam kerukunan,kekompakan serta selalu bersatu dalam menjunjung kesatuan dan persatuan.

Melalui perkemahan perimtaq,lanjutnya, diharapkan dapat mendidik adik -adik pramuka menjadi pramuka yang rajin,trampil dan gembira.

Menurut Sekda, dengan berakhirnya kegiatan Perimtaq ini dapat membentuk pramuka yang sesusi dengan nilai tri satya dan dasa darma pramuka.

Ia juga berpesan, dalam sebuah perlombaan pasti ada yang kalah ada yang menang, bagi yang kalah janganlah berkecil hati tetapi jadikan kekalahan itu sebagai motivasi untuk meraih kemenangan dilain waktu.

Ditambahkan, pada hakikatnya kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda.Bagi yang menang kakak ucapkan selamat dan k janganlah kemenangan ini menjadikan adik adik sombong tapi jadikanlah kemenangan ini sebagai motivasi untuk menjadi yang lebih baik.

Sebelumnya Ketua Kwarcab Pramuka Palas,Zainuddin,S.Pd,MM mengucapkan, selamat kepada para pemenang kegiatan lomba Perimtaq.

Ia juga berpesan, para pemenang lomba Perimtaq supaya jangan euforia, tetap rendah dan terus belajar serta berlatih untuk mempertahankan dan meningkatkan perestasi di masadatang.

"Bagi adik -adik pramuka yang belum berhasil, jangan merendah diri, jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk lebih giat belajar dan berlatih untuk meraih perestasi," pesannya.

Zainuddin juga menyampaikan ucapan terimakasihnya, kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi untuk mensukseskan acara kegiatan Perimtaq ke XV.