MEDAN - Konser Collabonation Tour persembahan IM3 kembali hadir di Medan. Setelah mengunjungi 23 kota di seluruh Indonesia dengan menampilkan karya kolaborasi para musisi Indonesia, tahun ini Collabonation Tour hadir dengan format baru dengan mengajak generasi muda yang berani unjuk minat dan bakat melalui Collabonation Tour Talent Hunt. Even ini hadir sebagai wadah untuk menginspirasi dan menampung aspirasi kreatif para generasi muda dalam bermusik, Collabonation Tour Talent Hunt menjadikan Medan sebagai kota pertama diselenggarakannya program ini. 
 
Collabonation IM3 menampilkan sesuatu yang berbeda di tahun ini yaitu Talent Hunt Collabonation untuk mencari talenta-talenta musik terbaik. Talent Hunt Collabonation mengadakan audisi offline di sejumlah universitas dan point of interest yang dihadiri para calon musisi dan performer kota Medan.
 
Salah satunya, Audisi Talent Hunt Collabonation IM3 yang di Pendopo FIB - Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (22/2/2024). Sebelumnya juga sudah digelar audisi offline di Pos Bloc Medan, Universitas Panca Budi. Sementara puncak pemilihan Talent Hunt akan digelar 2 Maret 2024 mendatang di USU dengan kehadiran para juri Collabonation ibu kota.
 
VP - Head of Brand Engagement IM3 Indosat Ooredoo Hutchison, Beni Hutagalung, saat berbincang di sela Audisi Talent Hunt Collabonation IM3 di Pendopo FIB Kampus USU Medan, Kamis (22/2/2024) mengatakan ada dua kriteria yang dicari di antara bakat para peserta, yaitu talent musik soloist dan grup band. 
 
Adapun kriteria penilaian berupa penguasaan lagu, penguasaan panggung, ketepatan nada dan teknik vocal serta kreativitas (aransemen dan improvisasi).
 
"Sedangkan untuk grup band, akan dinilai soal penguasaan lagu, harmoniasi, penguasaan panggung dan skill musikalitasnya. 14 Finalis akan masuk ke Final Show, untuk menyaksikan konser dan Final Show, cukup dengan membeli paket IM3 3GB akan mendapatkan 1 gelang masuk ke venue konser," tutur Beni.
 
Sementara itu, pemenang Collabonation Tour Talent Hunt Medan akan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah. Untuk kategori solo, juara 1 akan mendapatkan Rp20 juta, juara 2 mendapat Rp15 juta, dan juara 3 mendapat Rp10 juta. Dengan total hadiah hingga Rp100 juta. 
 
Sedangkan untuk kategori grup band, juara 1 akan mendapatkan Rp25 juta, juara 2 mendapat Rp20 juta, dan juara 3 mendapat Rp10 juta. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan maintain komunitas musik ini dengan memberikan pelatihan/workshop seputar musik dan ajak untuk menyebarkan excitednya lewat media sosial.
 
VP - Head of GTM & Direct Sales Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison, Sembodho Budiharto, menambahkan Collabonation hadir sejak 2019, Collabonation telah menggandeng sejumlah musisi, komunitas, serta seniman inspiratif Tanah Air untuk menciptakan sejumlah karya kolaborasi.
 
"Kali ini, di tahun 2024 ini, IM3 kembali menghadirkan Collabonation Tour dengan jangkauan area lebih luas dengan menghadirkan program pencarian bakat melalui Collabonation Tour Talent Hunt yang kota pertamanya adalah Kota Medan. Kenapa Medan? Karena Medan sangat banyak generasi muda berbakat yang antusias dengan musik dan olah vocal," ungkap Sembodho Budiharto.
 
Sembodho menjelaskan lebih lanjut, untuk Final Show-nya, Dewan Juri terdiri dari musisi ternama Indonesia, yakni Kunto Aji, Iga Massardi dan Kill the DJ.
 
"Iga Masardi, selain musisi Indonesia, Iga Masardi merupakan vokalis, tergabung juga di grup band. Kunto aji, selain seorang musisi juga merupakan penyanyi, penulis lagu, dan memulai kariernya dari dunia tarik suara dengan menjadi finalis dalam ajang pencarian bakat yang serupa juga," beber Sembodho.
 
Kill the DJ, sambungnya merupakan musisi juga merupakan pentolan group musik; Jogja Hip Hop Foundation. Untuk audisi offline dan online melibatkan Juri Lokal, seperi Tri Adinata, Syafiq Anshori, dan Rully Siregar.
 
Sedangkan untuk total peserta audisi USU diikuti 54 peserta dan jumlah ini, masih bisa bertambah. Audisi Online; 31 peserta. Sedangkan Offline; Pos Bloc (34), Sibiru-biru (16) Panca Budi (32). Sehingga total online dan offline sebanyak 167 peserta.