PALAS - Pj Bupati Padanglawas(Palas)Dr.Edy Junaedi,S.STP,M.Si,secara resmi membuka perkemahan iman dan taqwa(Perimtaq) ke XV Tahun 2024, di bumi Perkemahan Tor Siparamanuk Desa Surodingin,Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis(22/4/2024).

Kegiatan Perimtaq Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Palas berlangsung selama empat hari dimulai 22-25 Ferbuari 2024.Dengan motto : Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Perkemahan Iman dan Taqwa diikuti 2015 orang anggota pramuka tingkat penggalang dan penegak dari berbagai gugus depan(Gudep) tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat.

Pj Bupati Palas bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membuka kegiatan perimtaq, ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta pramuka penggalang dan penegak.

“Kegiatan perkemahan Perimtaq ini guna mewujudkan generasi muda yang mandiri, berdaya saing dan berakhlak mulia,”kata Edy Junaedi yang juga Pj Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Palas.

Dikatakan, melihat dasa darma pramuka diharapkan bisa diimpelemtasikan dalam mewujudkan semangat pribadi yang unggul dan harus tetap bercahaya.

"Ambil makna dan manfaat Perimtaq agar dapat dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari yang akan membawa dampak yang baik ditengah masyarakat,"harapnya.

Ia juga mengingatkan, untuk kita ketahui bersama bahwa masih banyak kasus narkoba yang jumlah cukup tinggi,sehingga adik -adik pramuka harus menjadi agen perubahan bebas narkoba di wilayah Kabupaten Palas.

Ia juga berpesan, kegiatan gotong royong dan bakti sosial, bisa secara langsung menjaga kebersihan dalam pengelolaan sampah dengan melibat anggota pramuka menjaga kebersihan lingkungan di sekitar lokasi bumi perkemahan.

Menurut Pj Bupati, gerakan pramuka memiliki peran yang sangat penting dan menentukan yang memberikan ruang sebagai wadah dan media dalam membangun generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian dan watak yang kuat.

“Gerakan Pramuka memberikan ruang untuk membangun generasi muda yang cerdas, luhur budi pekerti yang tangguh, rukun serta bersatu,” ujarnya.

Gerakan Pramuka juga,lanjutnya,menduduki peran yang telah menghantarkan kita dari zaman Jahiliyah ke zaman yang penuh peradaban,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat meningkatkan silaturrahim serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah dalam menciptakan kebersamaan.

Pj Bupati menyampaikan, apresiasi kepada seluruh Kepala Sekolah dan Kwarcab Pramuka Palas yang telah menggelar kegiatan perkemahan Perimtaq guna tercapainya tujuan mencetak kaum muda yang menjadi kader penerus bangsa yang religius, intelek dan berwawasan luas.

Dikesempatan itu, Edy Junaedi berpesan, perkemahan Perimtaq ini mengandung banyak makna penting untuk meneguhkan komitmen membangun nilai-nilai patriotisme, nasionalisme, persatuan, perdamaian dan humanitas kemampuan dan keterampilan yang merupakan cermin dinamika kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya Ketua Panitia Perkemahan Perimtaq, Gadombang Hasibuan,S.Pd dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan perkemahan Perimtaq untuk menjalin silahturahim antar anggota pramuka penggalang dan penegak.

Anggota Pramuka penggalang dan penegak yang mengikuti perkemahan Perimtaq ke XV berjumlah 2.240 orang dengan rincian peserta keseluruhan,2015 orang ditambah pembina 225 orang.

Kegiatan Perimtaq ini memperebutkan Piala bergilir juara umum Perkemahan Iman dan Taqwa,” katanya.

Selain itu, katanya, menjadikan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak yang berilmu, beramal dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa (YME) dan ajang silaturahim antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas dengan pembinaan dan anggota pramuka penggalang dan penegak.

Peserta yang mengikuti kegiatan perkemahan Perimtaq ke XV dari tingkat SMP atau MTs atau Penggalang dan tingkat SMA, SMK dan MA, berjumlah sebanyak 2.240 orang.

Ia menambahkan, jenis perlombaan yang dipertandingkan dikegiatan Perimtaq XIV ini yaitu Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP),lomba Pionering, lomba LKBB variasi, lomba sholat jenazah, lomba nasyid dan lomba pidato.

Hadir dikegiatan pembukaan perkemahan Perimtaq ke XV, Ketua Kwarcab Pramuka Palas, Zainuddin Hasibuan,S.Pd,MM, unsur Forkopimda dan sejumlah Pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas, Camat, Pengurus Kwarcab Pramuka Palas.