KISARAN - Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP menyampaikan 98 usulan kegiatan strategis daerah Provinsi Sumatera Utara 2025. Hal ini disampaikannya saat
menghadiri Pra Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025 Zona Pantai Timur bertempat di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Kisaran, Selasa (20/2/2024).
 
"Harapan kami dari usulan yang kami sampaikan semoga mendapat perhatian dari Bapak Gubernur terkhusus juga Kepala Bappelitbang Provsu" ujarnya.
 
Dalam kesempatan ini, ia menyebutkan Langkat berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 9,49 menjadi 9,23 % serta angka stunting dari 30,5% menjadi 18,60%.
 
Ia menyebutkan sisi pembangunan makro menunjukkan peningkatan dan trend positif dari tahun ke tahun yaitu capaian pertumbuhan ekonomi 4,69 persen pada 2022 setelah mengalami kontraksi minus 0,86% pada 2020. 
 
"Kami akan berusaha lebih baik lagi pada 2024 ini" ucapnya.
 
Sementara Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyampaikan dalam kegiatan yang dilaksanakan ini menuju musrenbang diantaranya penyusunan rancangan awal. Konsultasi publik ranwal RKPD, Pelaksanaan pra Musrenbang RKPD berdasarkan zona wilayah dan musrenbang.
 
"Dari semua kegiatan tersebut diharapkan dapat menyerap usulan program kegiatan untuk menjadi pertimbangan untuk dijalankan" ucapnya.
 
"Mensinkronkan dukungan program kegiatan pemerintah kab/kota terhadap perencanaan tematik dan Pelaksanaan forum CSR dalam hal mendorong sumber pendanaan" tambahnya 
 
Ia juga mengharapkan dengan berbagai kegiatan ini dapat tercapai sinkronisasi program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah provinsi 
 
"agar arah dan tujuannya sama dengan kabupaten/kota" harapnya. 
 
Kepala Bappelitbang Provsu, Hasmirizal Lubis menyampaikan kegiatan ini berdasarkan azas perencanaan pembangunan daerah.
 
"Menggunakan pendekatan top down dan bottom up" ucapnya.
 
Pra Musrenbang zona pantai timur ini dihadiri kabupaten/kota di antaranya, Medan, Tebing Tinggi, Binjai, Tanjung Balai, Asahan.
 
Kemudian Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batu Bara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara.