MEDAN – Usai meninjau pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut), Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin memastikan kondisi Sumut kondusif tanpa kendala. “Saya bersama Forkopimda Sumut telah memonitor pelaksanaan Pemilu di sejumlah tempat mulai dari Medan, kemudian lanjut ke Simalungun hingga Batubara, pantauan kami berlangsung bagus, lancar dan aman,” kata Hassanudin, usai memberikan hak suaranya di TPS 002, Medan Polonia, Kelurahan Anggrung, Medan, Rabu (14/2/2024).

Sejauh ini, Hassanudin belum menerima laporan atau kendala yang berarti. Namun pihaknya akan terus memantau pelaksanaan Pemilu seluruh Sumut untuk memastikan berjalan dengan lancar.

“Terkait dengan jalannya perlaksanaan Pemilu, kami belum ada menerima laporan atau kendala yang berarti,” ujar Hassanudin.

Hassanudin juga mengapresiasi peran seluruh pihak dalam menyukseskan Pemilu. Juga mengapresiasi masyarakat yang memberikan partisipasinya dalam memberikan hak suaranya.

Meski begitu, Hassanudin berharap tingkat partisipasi pemilih di Sumut tinggi. “Data riil belum kami terima, kami terus menyosialisasikan tingkat partisipasi aktif masyarakat,” ujarnya.

Hassanudin juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga harmoni apapun pilihannya. “Masyarakat sangat baik dan harmoni dalam keragaman, tentunya kita punya pilihan, sistem demokrasi harus kita laksanakan,” katanya.

Senada dengan Hassanudin, Kepala Kepolisian Daerah Sumut Agung Setya Imam Effendi mengatakan situasi terakhir aman dan kondusif. Ia juga menyebutkan, bahwa gangguan Kamtibmas pun menurun signifikan.

“Kita akan terus menjaga kondusivitas Pemilu, Pemilu damai dan aman berlangsung aman di Sumut,” kata Agung.

Selain Hassanudin, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho bersama sejumlah OPD Pemprov Sumut juga melakukan peninjauan beberapa TPS di Kota Medan. Arief menemukan pelaksanaan Pemilu di beberapa TPS yang ditinjau berjalan lancar.

Ia juga tidak menemukan kendala apapun. “Hasil tinjauan tadi semua aman, lancar, tidak ada kendala, kita harap situasi ini terus terjaga selamanya,” kata Arief, usai peninjauan.

Baru Pertama Mencoblos

Saat memberikan hak suaranya di TPS 002, Medan Polonia, Hassanudin juga mengaku senang. Baru kali ini Ia melakukan pencoblosan dan memberikan hak suaranya.

“Saya sebagai warga negara telah melaksanakan kewajiban saya menggunakan hak pilihnya, ternyata saya senang bahagia dan lancar-lancar saja,” kata Hassanudin.

Pada kesempatan tersebut, Hassanudin juga membagikan coklat pada seluruh petugas KPPS yang bertugas. Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk kebahagiaannya dan kesenangannya saat mencoblos. Tidak hanya Hassanudin, Arief juga sempat membagikan coklat sewaktu meninjau TPS. *