PADANGSIDIMPUAN - Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe menyampaikan komitmennya untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama pemilihan umum (Pemilu). "Pemerintah Kota (Pemko) senantiasa berkomitmen menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu," ujarnya disela acara Doa Bersama Lintas Agama Menuju Pemilu Damai di Kota Padangsidimpuan yang diselenggarakan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Padangsidimpuan,  Selasa (13/2/2024)
 
Giat BEM Nusantara itu mengangkat tema 'Merangkul masyarakat bumi Dalihan Natolu dalam doa kebangsaan menuju Pemilu Damai tahun 2024'.
 
Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe mengungkapkan Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa.
 
Ia juga menekankan bahwa Pemilu merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.
 
"Kita percaya bahwa pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu," sebutnya.
 
Letnan Dalimunthe juga menegaskan pemerintah berkomitmen untuk senantiasa menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu.
 
Letnan Dalimunthe mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman, tertib, dan demokratis.
 
Sebelumnya, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan menyampaikan harapannya melalui doa bersama tersebut.
 
AKBP Dudung Setyawan menekankan pentingnya menjaga kekerabatan dan kekeluargaan di tengah masyarakat.
 
"Dalam konteks keamanan, bahwa meskipun tingkat keamanan di negeri ini cukup baik, namun implementasinya harus dijaga bersama," harapnya.
 
Sementara itu, Ketua Aliansi BEM Sumatera Utara, yang diwakili Ketua Aliansi BEM Padangsidimpuan Sahrial Siregar, menyampaikan rasa haru dan bahagianya atas kebersamaan dalam doa bersama lintas agama tersebut.
 
Ia juga menegaskan BEM Nusantara se-Sumatera Utara, khususnya di Kota Padangsidimpuan, siap menjadi garda terdepan dalam mensukseskan Pemilu yang akan dilaksanakan pada Rabu, (14/2/2024).
 
"Acara doa bersama lintas agama ini menjadi wujud nyata dari semangat kebersamaan dan komitmen untuk menjaga perdamaian dan keamanan selama proses Pemilu berlangsung," katanya.
 
"Semoga Pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar, damai, dan demokratis untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia," tambahnya.