PALAS - DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Padanglawas (Palas) melatih 1602 orang saksi Pemilu, di enam titik lokasi berbeda. Kegiatan berlangsung sejak 8-10 Ferbuari 2024 di masing-masing lokasi, Sialang Rindang, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Hurung Jilok, Kecamatan Sosa Julu.
 
Selanjutnya, Hotel Al Marwah Sibuhuan, Kecamatan Barumun, di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Hotel Barumun, Kecamatan Barumun dan lokasi Ponpes Darul Risalah, Padang Hunik, Kecamatan Aek Nabara Barumun.
 
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Palas,Ir H.Haris Simbolon mengatakan, kegiatan pelatihan bagi saksi dilakukan secara bertahap dan bergelombang.
 
"Setiap hari ada dua gelombang kegiatan pelatihan saksi mulai pagi hingga siang hari yang dihadiri 200 orang saksi setiap gelombang," katanya, Minggu (11/2/2024). 
 
Para saksi yang telah mengikuti pelatihan katanya, sebanyak 1.602 orang dan akan diterjunkan ke 801 TPS untuk menyaksikan pemungutan dan perhitungan suara. 
 
Diakui Haris, ribuan saksi pemilu yang diberikan pelatihan saksi, cukup sulit dikumpulkan di satu lokasi. Pasalnya, kapasitas ruangan pelatihan hanya mampu menampung hanya 200 orang saja. 
 
Maka untuk mewujudkan pemberian pelatihan saksi, lanjutnya dibagi secara bergelombang, setiap harinya sebagai solusi untuk pembejalan kepada para saksi TPS agar menjalani pelatihan. 
 
"Pelatihan saksi yang  dilakukan sebagai upaya mengawal pelaksanaan pemilu yang jurdil, transparan, bebas  dan rahasia yang bebas dari praktik kecurangan," ungkapnya.
 
Untuk itu DPC PDI Perjuangan Palas lanjutnya, perlu  mempersiapkan saksi terlatih agar mereka paham tentang proses pemilu yang benar, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
 
“Sebanyak 1602 orang saksi yang dilatih merupakan utusan dari  pengurus anak cabang (PAC),"tandasnya.
 
Untuk materi pelatihan bagi para saksi, dipandu Pengurus Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Provinsi Sumut.
 
Ditambahkan Haris Simbolon, para saksi yang telah dilatih  akan disebar ke 801 TPS  yang berada di 17 Kecamatan se Palas. Dengan rincian per TPS di tempatkan sebanyak 2 orang saksi.
 
Saksi pemilu yang dilatih merupakan saksi partai yang harus tegak lurus melaksanakan tugas untuk menyelamatkan partai dan bertanggungjawab secara menyeluruh guna pemenangan Pilpres maupun Pileg 2024.