PALAS - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Ulu Sosa yang bertugas di TPS setiap desa,mengikuti bimbingan teknis(Bimtek) pengawasan pemungutan dan perhitungan suara (Putungsura). Kegiatan bimtek yang di ikuti 29 anggota PTPS se Kecamatan Ulu Sosa,berlangsung di MDA Desa Hapung,Kecamatan Ulu Sosa,Sabtu(10/2/2024).

Ketua Panwaslu Kecamatan Ulu Sosa, Ahmad Muhiddin Hasibuan didampingi Kepala Sekretariat, M.Sukri Parmonangan Lubis mengatakan, kegiatan bimtek ini sebagai pembekalan bagi PTPS untuk memahami tugas dan fungsinya sesuai aturan dan ketentuan.

Dikatakan, petugas pengawas TPS agar bekerja profesional untuk melakukan pengawasan dengan baik serta maksimal di setiap TPS dihari H pencoblosan Pemilu,14 Ferbuari 2024.

"Dengan mengikuti bimtek ini,tentu Pengawas TPS(PTPS) dapat bekerja maksimal dan transparansi dalam mengawasi sesuai ketentuan dan aturan perundang-undangan demi terlaksananya pemilu yang jujur dan adil(Jurdil ) bebas dan rahasia,"kata Ahmad Muhiddin.

Ia berharap, petugas PTPS sebagai ujung tombak pengawasan dalam pemungutan dan perhitungan suara pemilu disetiap TPS memiliki tanggungjawab terhadap tugas pengawasan.

Muhiddin juga mengingatkan, kepada petugas PTPS tetap berkordinasi dengan Panwaslu Kecamatan sehingga pengawasan tetap terjaga dengan baik serta berintegritas.

Ditambahkan, tujuan bimtek pengawasan putungsura ini untuk memperkuat kapasitas dan kemampuan PTPS dalam melakukan pengawasan di TPS masing -masing.

"Bimtek ini untuk memperkuat dan menambah ilmu pada PTPS,di hari H pencoblosan Pemilu serentak, pada 14 Ferbuari 2024," katanya.

Ia mengharapkan, pada hari pencoblosan di Pemilu nantinya, kegiatan pengawasan dapat berjalan sukses dan lancar oleh petugas PTPS Kecamatan Ulu Sosa.

Muhiddin juga berpesan, bimtek ini benar-benar diikuti, agar dalam pengawasan di TPS nanti dapat memahami sesuai tugas dan aturan," harapnya.

Selain itu, ia juga menginginkan, peserta bimtek ini dapat memahami tugas dan tanggungjawab pengawasan sehingha dalam melaksanakan tugas berjalan dengan baik sesuai aturan yang ada.