PALAS - Plt Bupati Padanglawas(Palas) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, M.Si, MH,mengukuhkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai ujung tombak menjaga situasi kondusif untuk pengamanan pemilu 2024. Pengukuhan terhadap 1602 Satlinmas Pemilu berlangsung di halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan,Selasa(6/2/2024).


Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan, satlinmas merupakan unsur pendukung kewilayahan yang penting karena mampu menunjang ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum) bagi masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2024.

“Satlinmas memiliki peran strategis untuk trantibum karena merupakan layanan dasar masyarakat. Ini salah satu kewenangan peran linmas turut membantu pemerintah di tahun politik saat ini,"katanya.

Ia berharap, pemilu serentak 2024,pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak 27 November 2024 bisa berjalan dengan suasana kondusif dan aman.

Oleh karena itu,Plt Bupati menekankan, agar satlinmas meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan untuk mendeteksi potensi yang mengancam ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum).

Ia juga berpesan,kepada anggota Satlinmas, untuk meningkatkan kewaspadaan dan mampu mendeteksi sejak dini terhadap potensi yang bisa menimbulkan ancaman dan gangguan sehingga trantibmas bisa terjaga di wilayah kerja masing-masing.

Diakui Plt Bupati, jumlah personel yang ada saat ini jauh dari ideal,diharapkan adanya kolaborasi dari berbagai untuk mensukseskan pemilu di Kabupaten Palas.

Dikesempatan itu, ia mengajak, elemen masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2024 dengan datang ke TPS dan gunakan hak pilih sesuai hati nurani.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Palas, Agus Saleh Saputra Daulay SH, MM mengatakan, apel akbar ini diselenggarakan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024 agar memiliki kesiapan dalam membantu pengamanan dan ketertiban Pemilu 2024.

"Dikukuhkannya Satlinmas Ini untuk penguatan pengamanan pemilu serentak," ucapnya.