PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM, M.Si,MH, menutup perhelatan MTQ ke XV tingkat Kabupaten Palas, di Lapangan bola kaki  Kecamatan Ulu Sosa, Minggu (4/2/2024) malam. Kafilah dari Kecamatan Barumun menorehkan perestasi sebagai juara umum di pehelatan MTQ yang berlangsung selama empat hari mulai 1-4 Ferbuari 2024.
 
"Selamat kepada kafilah yang berprestasi di perhelatan MTQ ini dan yang belum berprestasi jangan berkecil hati, jadikan kegagalan sebagai langkah awal menuju kesuksesan yang tertunda di perhelatan MTQ tahun depan," kata Plt Bupati mengawali sambutannya.
 
Di kesempatan itu, Plt Bupati, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh pihaknya yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan MTQ Kabupaten Palas ke XV.
 
Begitu juga dengan panitia, dewan hakim dan seluruh masyarakat kecamatan Ulu Sosa yang turut serta mensukses pelakasanaan perhelatan MTQ.
 
"Kiranya kegiatan MTQ ini membawa berkah bagi kita semua dalam mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," katanya.
 
Dewan Hakim mengumumkan hasil penilaian, di perhelatan MTQ ke XV tahun 2024 ini, Kecamatan Barumun meraih juara umum dan juara Qiroatul Kutub diraih Kecamatan Batang Lubu Sutam.
 
Sekda Kabupaten Palas yang juga Ketua LPTQ, Arpan Nasution,S.Sos mengatakan, melalui perhelatan MTQ ini diharapkan menumbuh kembangkan minat baca, menulis dan mengamalkan Alquran, sebagai ajang mengukur dan mengukir prestasi dalam membaca dan menulis Alquran.
 
Selain itu lanjutnya, para qori-qoriah, hafiz-hafizah yang menorehkan prestasi di perhelatan MTQ ini akan dipersiapkan menjadi utusan daerah di perhelatan MTQ tingkat Provinsi Sumut yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).
 
Diperheletan MTQ ke XV tingkat Kabupaten Palas, kata Arpan, ada 8 cabang yang diperlombakan antara lain, cabang Tilawah, cabang Tahfiz 1-5 juz, cabang Tahfiz 10-20 juz, cabang Tahfiz 30 juz dan tafsir. Cabang Fahmil Quran, cabang Syahrip Quran, cabang khottil  Quran, cabang Tartil Quran. 
 
Cabang makalah ilmiah Al Quran, cabang Hadist Nabi, cabang Qirotul Qutub dan cabang Debat Bahasa Arab dan bahasa Inggris.
 
"Peserta yang mengikuti perlombaan di MTQ ke XV berjumlah 1081 orang terdiri dari 500 orang kafilah putra dan 581 orang  kafilah putri," katanya.
 
Di penutupan perhelatan MTQ,  turut dihadiri Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K  Kakan Kemenag Palas H Abdul Manan, Kajari Palas, Teuku Herizal, SH, MH, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten inf. Anhar Jusar.
 
Ketua MUI Palas, H Ismail Nasution, Ketua BSPPL, H Fauzan Hamidy Hasibuan, Ketua Kwarcab Pramuka Palas, Zainuddin Hasibuan dan pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas.