PALAS - Bawaslu Padanglawas (Palas) melaksanakan rapat koordinasi fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan untuk perkuat integritas pengawasan Pemilu 2024. Kegiatan ini berlangsung, di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Minggu (4/2/2024) diikuti 68 peserta terdiri dari ketua dan anggota Panwascam dan Sekretaris Panwascam dari 17 Kecamatan se Palas.
 
Ketua Bawaslu Palas, Alex Sabar Nasution saat membuka kegiatan koordinator penguatan kelembagaan menyebutkan banyak hal yang harus dipersiapkan secara kelembagaan dalam hal pelaksanaaan pengawasan tahapan pemilu 2024.
 
Salah satunya, kata Alex tentang penguatan kapasitas internal di lingkungan Bawaslu Palas terkait pengawasan tahapan pemilu 2024 relatif karena berbeda dengan pengawasan pemilu sebelumnya.
 
Ia menjelaskan, pemilu sebelumnya penyelenggaraan pengawasan masih banyak bersifat manual, namun saat ini pelaksanaan pemilu 2024 lebih banyak menggunakan sistem informasi dan teknologi.
 
Setiap tahapan kegiatan yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lanjutnya, saat ini menggunakan sistem informasi teknologi.
 
"Tentu saja hal ini menjadi penting bagi Bawaslu untuk mempersiapkan diri agar mampu memaksimalkan pengawasan dalam setiap tahapan yang sedang berjalan maupun yang akan dihadapi," tegasnya.
 
Untuk kegiatan pengawasan, sambungnya, Bawaslu memiliki akses hanya sebagai viewer, untuk memastikan fasilitasi pengawasan tentu perlu persiapan diri agar mampu mengawasi dengan baik semua tahapan.
 
Dikesempatan itu, ia  mengajak, seluruh jajarannya untuk bersama-sama membenahi kelembagaan untuk  memperkuat integritas.