MEDAN - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Medan, Dwi Ngai Sinaga SH MH memaparkan 3 program Peradi Medan ke depan. Hal ini diungkap Dwi Ngai Sinaga usai dilantik, di Hotel Santika Dyandra Medan, Sabtu (3/2/2024). Yang pertama, Dwi Ngai mengatakan akan berbicara ke internal untuk membuat advokat-advokat yang memiliki integritas dan kemampuan tinggi dalam mengemban pekerjaan.

"Program kedua bagaimana kita memberikan edukasi dan pendampingan hukum kepada masyarakat luas dengan cara kita bentuk PBH (Pusat Bantuan Hukum) biar mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ini sifatnya gratis dan sedang berjalan," ujarnya.

Dia mengaku sudah melatih PBH Peradi Medan. Ketiga, Dwi Ngai akan mencoba bersinergitas dengan aparat penegak hukum (APH) lain. Walau dirinya seorang advokat, Dwi Ngai akan bersikap preventif untuk menyikapi angka kriminalitas tinggi di Kota Medan.

"Kita kasih edukasi pencegahan tindak kriminal ke masyarakat. Tujuannya untuk menekan angka kriminal, contohnya begal. Kita beri sosialisasi, diskusi hukum dan lain-lain," pungkasnya.

Ketua DPC Peradi Medan Dwi Ngai Sinaga SH MH juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, Dr Luhut M.P Pangaribuan SH LLM yang telah hadir di acara pelantikannya.

Dalam kesempatan itu, dia berharap mendapat dukungan awak media khususnya yang tergabung dalam Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumut untuk mensukseskan program
DPC Peradi Medan.

“Terima kasih kepada kawan-kawan Forwakum yang selalu mensupport dari awal sebelum pelantikan. Kita Peradi Medan siap bersinergi kedepannya,” kata Dwi Ngai Sinaga.

Sementara itu, Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution SH yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat dan sukses buat pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028.

“Semoga kedepannya, di bawah kepemimpinan Abangda Dwi Ngai Sinaga, DPC Peradi Medan dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional, untuk dapat membantu masyarakat dalam mencari keadilan,” katanya sembari menegaskan Forwakum Sumut juga siap bersinergi dengan Peradi Medan.

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Dr Luhut MP Pangaribuan, SH, LLM dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 dan diharapkan organisasi ini dapat berjalan dengan baik kedepannya.

“Sebagai persatuan advokat kita wajib memastikan hukum pada pesta demokrasi ini menjadi jujur, adil, bebas dan rahasia," tegasnya.

Diketahui, Dwi Ngai Sinaga resmi dilantik sebagai Ketua DPC Peradi Kota Medan Periode 2024-2028. Adapun susunan pengurus DPC Peradi Medan Periode 2024-2028 yakni Ketua Dwi Ngai Sinaga SH MH, Sekretaris Gerald Partogi Siahaan SE SH MH MM dan Bendahara Jimmy Albertinus SH MH.*