PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,MM,  M.Si,MH, membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke  XV tingkat Kabupaten Palas Tahun 2024, di lapangan bola kaki Ulu Sosa, Kecamatan Ulu Sosa, Kamis (1/2/2024) malam. Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan beduk oleh Plt Bupati Palas sebanyak 15 kali pukulan, disaksikan unsur Forkopimda dan diringi suara azan yang menggema dilokasi perhelatan MTQ.
 
"Saya mengapresiasi tinggi kebersamaan dari seluruh kecamatan di pembukaan MTQ ke XV ini, diharapkan berjalan sukses dan kecamatan telah mempersiapkan kafilah terbaiknya untuk bersama mewujudkan tujuan mulia, membumikan Alquran di kabupaten yang kita cintai ini," katanya.
 
Dikatakan, MTQ merupakan  sarana yang sangat penting  untuk mencetak generasi qurani di Kabupaten Palas  yang mampu berprestasi dan juga mengharumkan nama daerah yang di kenal dengan julukan Serambi Mekkah Sumatera Utara.
 
Plt Bupati menjelaskan, ukiran  prestasi yang dicapai para qori dan qoriah Kabupaten telah banyak menoreh prestasi di MTQ maupun STQH tingkat Nasional.
 
Seperti seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqoh Ak Hadist (STQH) Nasional ke 27 di Provinsi Jambi tahun 2023. Dimana putra asal Kabupaten Palas atas nama Muhammad Akhiruddin Nasution, berhasil meraih juara 2  Cabang Hadist 500 putra.
 
Selain itu, salah seorang putri juga menorehkan prestasi atas nama Linni Marito Simanjuntak berhasil juara 3 cabang Hadist 500 putri dan Meilda Nazwa Hasibuan berhasil juara 3 cabang Hadist putri.
 
"Para qori dan qoriah asal Palas diajang STQH Provinsi Sumut juga telah banyak menorehkan prestasi,tentu melalui perhelatan MTQ ke XV ini, diyakini Kabupaten Palas ditahun depan akan meraih juara umum di perhelatan MTQ tingkat Provinsi Sumut," katanya.
 
 
Plt Bupati mengingatkan, prestasi yang sudah di raih wajib kita syukuri, ini adalah bentuk keaktifan LPTQ Kabupaten Palas  yang terus bersenergi dengan semua pihak, baik dengan pemerintah daerah dan Kementerian Agama.
 
Sebelum menutup sambutannya, Plt Bupati juga berpesan, kepada Dewan Hakim yang terpilih agar melakukan penilaian yang objektif jauh dari nepotisme.
 
"Hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mengirimkan kafilah yang unggul untuk mengikuti perlombaan yang lebih tinggi," ujar Plt Bupati.
 
 
Dikesempatan itu, Plt Bupati juga menyampaikan,mohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat jika ada salah dan khilaf karena akan memasuki purna baktinya jabatannya sebagai Plt Bupati.
 
Sebelumnya, Ketua LPTQ Kabupaten Palas, Arpan Nasution,S.Sos yang juga menjabat Sekda mengatakan, perhelatan MTQ Kabupaten Palas berlangsung selama empat hari dimulai 1-4 Ferbuari 2024 yang dipusatkan di Kecamatan Ulu Sosa.
 
Kata Arpan Nasution, tujuan MTQ ini untuk menumbuh kembangkan  minat baca, menulis dan mengamalkan alquran, sebagai ajang mengukur dan mengukir prestasi dalam membaca dan menulis Alquran.
 
Selain itu, lanjutnya, tujuan lain dari MTQ untuk mencari qori-qoriah, hafiz-hafizah dan untuk dipersiapkan mengikuti MTQ  tingkat Provinsi Sumut yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).
 
Diperheletan MTQ ke XV tingkat Kabupaten Palas,kata Arpan, ada 8 cabang yang diperlombakan  antara lain, Cabang Tilawah, Cabang Tahfiz 1-5 juz, Cabang Tahfiz 10-20 juz, Cabang Tahfiz 30 juz dan tafsir. Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahrip Quran, Cabang khottil  Quran, Cabang Tartil Quran. 
 
Cabang makalah ilmiah Al Quran, Cabang Hadist Nabi, Cabang Qirotul Qutub dan Cabang Debat Bahasa Arab dan bahasa Inggris.
 
"Peserta yang mengikuti perlombaan di MTQ ke XV ini  merupakan utusan dari  17 Kecamatan se Kabupaten Palas. Dengan jumlah peserta 1081 orang sesuai hasil verifikasi Tim Kementrian Agama dan LPTQ Kabupaten Palas, dengan rincian  peserta putra 500 orang dan putri  581 orang ," terang Sekda.
 
Dalam memeriahkan MTQ ini, tambahnya, digelar juga pameran pembangunan yang berada di sisi sebelah kanan mimbar tilawah ini serta panitia juga menyiapkan posko kesehatan dan pos pengaman.