LHOKSEUMAWE – Pj Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar,MSi melantik delapan pejabat untuk menempati Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara, Kamis (1/2/2024). Pelantikan ini dihadiri Penjabat Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, para Kabag dan Camat, serta sejumlah pejabat lainnya.
 
Pejabat yang dilantik di antaranya Drs Adamy, MPd, sebelumnya merupakan Asisten III (Administrasi Umum) menempati posisi baru sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Utara. Kemudian Saifuddin SSTP, MSP, dipercaya memimpin Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM, jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata.
 
Berikut, dr. Baihaqi sebelumnya sebagai Direktur RSUD Cut Meutia Aceh Utara menempati jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, sementara Saifullah, MPd, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan digeser menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan.
 
Kemudian Fauzan, SSos, MAP, selama ini menjabat  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Utara dirotasi menjadi Asisten III (Administrasi Umum) Setdakab Aceh Utara,  M.Nasir, SSos, MSi, jabatan lama sebagai Kepala Bappeda Aceh Utara, menempati jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata.
 
Selanjutnya Ir Saifullah, MT, dilantik pada jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan dari posisi sebelumnya sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Dan Pembangunan, serta Teuku Cut Ibrahim, SE, MSi, dilantik untuk mengisi jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perhubungan dari jabatan lama sebagai Kepala Dinas  Lingkungan Hidup Dan Kebersihan.
 
Mahyuzar, dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda Dayan Albar mengharapkan pejabat  yang telah dilantik inji dapat bekerja dengan semangat dan gairah baru, lebih fresh dan energik demi kemaslahatan masyarakat Aceh Utara.
 
Rotasi dan promosi  jabatan dalam birokrasi pemerintahan adalah hal yang biasa dan  wajar, sesuai dengan kebutuhan  organisasi  dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan.  
 
“Rotasi  atau mutasi pejabat  pimpinan tinggi  pratama  yang  dilantik  telah melalui proses pelaksanaan job fit  atau uji kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama sesuai ketentuan berlaku,” katanya.
 
Ia berpesan, diera keterbukaan dan teknologi informasi dewasa ini, agar para pejabat dapat menyikapi dengan bijak berbagai dinamika kondisi di daerah dan nasional,   menciptakan iklim kerja yang   nyaman dan kondusif, serta   menjadi perekat bagi persatuan dan kesatuan   bangsa, gunakan akal  sehat   untuk menyaring   berita - berita yang berkembang. Sehingga tercipta situasi   yang saling mengayomi untuk  menjaga persatuan  dan kesatuan, bangsa dan negara.
 
Ia juga mengharapkan agar para pejabat baru tersebut agar rajin-rajin menjemput kue pembangunan ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Sebab, dengan kondisi keuangan APBK Aceh Utara yang jumlahnya sangat terbatas maka sangat minim kegiatan pembangunan yang bisa dilakukan.