PALAS - Masyarakat Trans Pir Sosa mulai unit II, III sampai unit VI, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas) gotong royong perbaiki jalan lintas umum yang rusak. Plt Camat Hutaraja Tinggi, Manimpo Halomoan Siregar. SE, Rabu (31/1/2024) mengatakan, gotong royong perbaikan badan jalan yang rusak di penuhi lubang bercampur lumpur dilakukan masyarakat secara swadaya.
 
"Rusak jalan umum menuju Trans Pir Sosa ini, akibat tinggi intensitas curah hujan saat ini sehingga menimbulkan genangan air di badan jalan yang masih kondisi tanah merah," katanya.
 
Dikatakan, perbaikan jalan rusak oleh masyarakat secara swadaya mengunakan bahan potongan batang kelapa menutup badan jalan yang berlumpur dan lubang -lubang yang ada ditutupi dengan sertu.
 
"Kerusakan jalan umun lintas masyarakat menuju Trans Pir unit II ini, sudah hancur lebur dan mengganggu kelancaran akses lalulintas," terang Manimpo.
 
Diakui Plt Camat Hutaraja Tinggi, sudah banyak kendraan yang mengangkut buah kelapa sawit yang melintas dari kawasan ini terperosok kedalam lubang yang bercampur lumpur.
 
"Badan jalan umum yang diselimuti lumpur ini,cukup menghambat kelancaran akses lalulintas warga yang membawa hasil perkebunan dan pertanian untuk dibawa keluar dari desa," ungkapnya.
 
Kata Camat, sarana jalan umum yang rusak ini, setiap harinya menjadi akses utama bagi masyarakat mengangkut hasil perkebunan seperti buah kelapa sawit dan hasil pertanian.
 
Ditambahkan, masyarakat secara kompak melakukan perbaikan jalan umum dengan cara bergotong royong,agar aktivitas sepanjang jalur yang dilintasi dapat dilalui untuk sementara waktu menunggu perbaikan dari pihak PTPN IV Kebun Sosa.