MEDAN - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UISU) menggelar sunatan massal di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Misbahul Ummah. Sunatan massal di SDIT Misbahul Ummah, Dusun 1 Desa Pematang Kuala, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) itu merupakan bagian dari pengabdian masyarakat FK-UISU.

Kegiatan ini dihadiri Dekan FK UISU dr. Tri Makmur, Sp.S , Wakil Dekan II dr. Marzuki Samion, MA (K3), Wakil Dekan III dr. Ismurizal SH,MH, Sp.F, D.Bioeth.

Tidak ketinggalan, turut hadir Kadis Kesehatan Kabupaten Sergai, dr. Yohnly Boelian Dachban.

Ketua Panitia Kegiatan Muhammad Adib Al Wafa dalam keterangannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Januari 2024 itu merupakan Bakti sosial atau pengabdian masyarakat dari FK-UISU dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK-UISU.

"Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang kami laksanakan ini adalah sunat massal, pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan," ujar Muhammad Adib Al Wafa, Selasa, (30/1/2024).

Ia menambahkan, kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu.

"Dan kita berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua terkhusus masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu," tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Sergai, dr. Yohnly Boelian Dachban, dalam sambutannya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada FK-UISU yang telah menyelenggarakan sunatan massal, pemeriksaaan dan penyuluhan kesehatan secara gratis.

"Terus terang kegiatan ini sangat membantu sekali bagi pemerintahan Sergai, terkhusus masyarakat Teluk Mengkudu tentang pentingnya untuk menjaga kesehatan, kata Kadis Kesehatan Sergai.

Dengan adanya kegiatan secara gratis ini, katanya, kami merasa terbantu sekali.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian FK-UISU yang telah mengadakan kegiatan ini di Kecamatan Teluk Mengkudu demi membantu masyarakat bisa hidup sehat, " pungkasnya.

Di tempat yang sama, mewakili Dekan Fakultas Kedokteran UISU, dr. Ismurizal SH,MH, Sp.F, D.Bioeth, mengatakan selain menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan diri.

"Kepada masyarakat, saya mewakili FK-UISU mengucapkan terimakasih kepada masyarakat khususnya warga Teluk Mengkudu yang begitu antusias membawa anaknya untuk disunat, serta mengikuti semua rangkaian kegiatan yang ada," ucapnya.