MEDAN - Sebanyak 100 orang peserta mengikuti seleksi Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Sumatera Utara, yang digelar di Asrama Haji Meda, Selasa (30/1/2024). Kepala Bidang Haji dan Umrah H. Zulfan Effendi, S. Ag, M.Si dalam keterangan persnya menyebutkan peserta yang mengikuti seleksi ini, setelah lulus verifikasi berkas dari 132 orang pendaftar.

"Sebanyak 100 orang telah lolos verifikasi berkas, yang terdiri dari 68 orang Calon PHD Pelayanan Umum, 17 orang Calon PHD Pelayanan Pembimbing Ibadah, dan 15 Orang Calon PHD Pelayanan Kesehatan," terangnya

Kemudian lanjutnya, untuk pelaksanaan ujian menggunakan metode CAT dengan handphone masing-masing dan dilanjutkan dengan sesi wawancara pendalaman bidang tugas.

Seleksi PHD ini lanjutnya merupakan proses penyiapan petugas Haji Daerah yang dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi sesuai dengan amanah Pasal 52 Peraturan Menteri  Agama  Nomor 13 Tahun 2021   tentang  Penyelenggaraan lbadah Haji.

Kegiatan ini sambungnya bertujuan untuk mendapatkan  PHD yang akan membantu  Petugas Penyelenggara Ibadah  Haji (PPIH) Kloter dalam memberikan pembinaan,  pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Muhammad Yunus, MA, yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan mendapatkan petugas haji Daerah (PHD) yang professional dan kompeten, perlu melakukan rekrutmen petugas secara transparan dan akuntabel.

"Dengan pelaksanaan seleksi ini diharapkan menghasilkan petugas haji daerah yang profesional  sehingga pelayanan kepada jamaah haji semakin berkualitas," katanya.

Ditempat yang sama, Kasubdit Bina Petugas Haji, Muhammad Hanif mengatakan untuk mendapatkan petugas daerah yang kompeten tentu harus kita lakukan seleksi petugas daerah ini agar terciptanya pelayanan haji menjadi lebih baik lagi.
Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap semua orang dapat mewujudkan sikap profesionalitas dalam pelaksanaan ujian.

Hadir juga dalam pembukaan seleksi PHD Provinsi Sumatera Utara ini, Kepala UPT Asrama Haji Medan, Ramlan Sudarto,SH dan Perwakilan Gubernur Sumatera Utara.