PALAS - Pemkab Padanglawas(Palas) melalui BPBD mendiri posko pelayanan dapur umum bagi warga terdampak banjir di Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun. Kaban BPBD Palas,H.Amit Hadi Nasution melalui Sekretaris, H. Irsan Soleh Lubis, Jumat (26/1/2024) mengatakan, pelayanan dapur umum telah di dirikan dilokasi bencana banjir yang melanda pemukiman warga Desa Pintu Padang.

"Pasca banjir malam tadi, telah meninggal sisa lumpur bercampur air di sarana fasilitas umum dan pemukiman warga yang rumah terendam banjir,"katanya.

Kata Irsan, personel BPBD Palas turun langsung membantu warga melakukan pembersihan material lumpur dirumah warga yang terendam banjir.

"Didirikan pelayanan dapur umum untuk masyarakat yang terdampak banjir," terangnya.

Ia menjelaskan, banjir di desa ini akibat tingginya intensitas curah hujan saat ini,sehingga meluap anak sungai desa serta sungai Batang Taris sehingga menyasar kepemukiman warga di Desa Pintu Padang.

"Warga yang terdampak banjir diharapkan tetap semangat dengan saling bahu membahu untuk tetap menjaga kekondusifan," ujar Irsan Soleh.

Ditambahkan, tidak ada korban jiwa di peristiwa bencana banjir tersebut,tetapi ada warung kopi sekaligus sebagai tempat tinggal hanyut terbawa arus sungai Batang Taris disaat kejadian bencana banjir.

Ia juga mengimbau, masyarakat di desa terdampak banjir, khususnya yang bertempat tinggal di sekitar bataran sungai dan rawan banjir agar tetap waspada untuk antisipasi kemungkinan yang terjadi dan menimbulkan kerugian.

Diharapkan, jika melihat adanya tanda -tanda banjir,warga diharapkan memberitahukan kepada pihak pemerintah desa atau pemerintah kecamatan agar segera diantisipasi dan ditangani bersama.

"Pihak BPBD aktif membantu warga untuk menangani kejadian bencana alam banjir di desa yang terdampak dari sisa pasca banjir," tambahnya.

Melalui kolaborasi penanganan bencana banjir secara bersama dari semua pihak, ia berharap, dapat menjalin hubungan silaturrahmi dan sinergitas yang lebih baik lagi kedepan.