PADANGSIDIMPUAN - Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe menggaris bawahi komitmen pemerintah untuk mengarahkan pembangunan kota ke pelayanan prima, perekonomian masyarakat, dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar. Hal ini diungkapkannya saat membuka forum konsultasi publik RKPD (Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah) Kota Padangsidimpuan 2025 di aula Bapelitbang Kota Padangsidimpuan, Kamis (25/1/2024).
 
Letnan menjelaskan forum konsultasi publik merupakan bagian integral dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah secara partisipatif, dengan tujuan mengumpulkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat sebagai landasan dalam perencanaan pembangunan.
 
"Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan adalah wahana pemberdayaan, memungkinkan mereka berperan dalam pengambilan keputusan dengan melibatkan stakeholder dan pemangku kepentingan pembangunan daerah," tuturnya.
 
Pembangunan Kota Padangsidimpuan Tahun 2025 akan difokuskan pada pelayanan prima, pembangunan ekonomi masyarakat, dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar.
 
Lima prioritas pembangunan daerah mencakup pemantapan implementasi reformasi birokrasi, akselerasi kualitas dan pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan, akselerasi pengentasan kemiskinan ekstrem, perwujudan transformasi ekonomi, serta percepatan penyediaan infrastruktur pembangunan.
 
"Saya berharap kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran. Melalui forum konsultasi publik ini," harapnya
 
"Kita dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat (Bottom-Up Planning) yang akan dipadukan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah (Top-Down Planning), serta analisis para teknokrat di berbagai bidang pembangunan," pungkasnya.
 
Pj Wali Kota juga mengajak semua pihak untuk mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan pembangunan, sekaligus mencari alternatif pemecahan masalah.
 
Forum ini diharapkan dapat menghasilkan program dan kegiatan konkret yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2025.