MEDAN - Kapolsek Medan Baru, Kompol Yayang Rizky Pratama menampung aspirasi warga di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia. Keluhan tersebut disampaikan warga kepada Kapolsek saat ngopi bareng di Jalan DC Barito Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Medan Polonia, Kamis, (25/1/2024).

"Pada kesempatan ini saya mewakili warga menyampaikan kepada Pak Kapolsek tentang permasalahan kamtibmas di wilayah kami," ujar Kepling 1 Andriani kepada Kapolsek.

Namun, lanjut dijelaskan Andriani, saat ini situasi kamtibmas di wilayahnya relatif aman.

"Karena, saat ini peredaran narkotika di wilayah kami sudah hampir tidak ada. Namun, ada residivis yang sudah keluar penjara. Itu juga menjadi kekhawatiran kami," jelasnya.

Menjawab hal itu, Kapolsek Medan Baru, Kompol Yayang Rizky Pratama yang didampingi Kanit Binmas, AKP Hirlan berjanji akan mengatasi permasalah warga.

"Yang terpenting, bapak, ibu dan warga lainnya melaporkan persoalan kamtibmas dan disertai bukti-buktinya. Pasti kami tindak," tegas Kapolsek.

Kemudian, lanjut dijelaskan Kapolsek, untuk persoalan narkotika, warga diminta agar tidak takut melaporkannya.

"Jangan takut melaporkan para bandar kepada kami. Pasti kami tindak tegas. Jangan takut. Identitas pelapor pasti kami rahasiakan," jelas Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2008 ini.

Namun, kata Kapolsek, warga diminta tidak salah memandang pihaknya jika ada pengguna narkotika yang baru diamankan kemudian dilepas.

"Dalam Undang-undang narkotika itu diatur mekanisme rehabilitasi. Jadi, jika ada pengguna narkotika yang ditangkap lalu dilepas, itu artinya yang bersangkutan direhabilitasi agar sembuh dari ketergantungan narkotika," pungkasnya.

Selain itu, Kapolsek juga mengedukasi warga tentang budidaya ikan lele dan pertanian cabai yang bisa memberikan nilai tambah perekonomian.

Sebelumnya, Lurah Sukadamai, Kecamatan Medan Polonia, Ibnu Fahreeza menyambut baik kedatangan Kapolsek Medan Baru beserta rombongan di wilayahnya.

Karena itu, kata Ibnu, ia bersama warga mengucapkan terimakasih kepada Kompol Yayang Rizky Pratama dan rombongan yang telah menyempatkan diri hadir di Kelurahan Sukadamai.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Pak Kapolsek. Apalagi, Pak Kapolsek menampung aspirasi sekaligus keluhan warga," kata Ibnu.

Selain Lurah Sukadamai, ngopi bareng itu dihadiri oleh Lurah Polonia, Dedy Wahyu Utama, Kepling se-Kelurahan Sukadamai, Bhabinkamtibmas, Bhabinpotdirga Lanud Soewondo serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga lainnya.