PALAS - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Padanglawas (Palas) dilantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) atas nama KPU Palas secara serentak di setiap Kecamatan. Sesuai data KPU Palas jumlah KPPS yang dilantik sebanyak 5.607 orang yang tersebar di 303 Desa dan 1 Kelurahan yang akan bertugas di 801 TPS.

Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution,SH. MH didampingi Sekretaris KPU Syafyar mengatakan, pelantikan KPPS menandai dimulainya tugas dan fungsi KPPS dalam penyelenggaraan pemungutan suara.

“KPPS merupakan panitia yang paling krusial dalam proses pemilu. Meskipun, hanya berada di tingkat paling bawah, namun fungsinya sangat besar,” terang Indra Syahbana.

Bahkan, lanjutnya, suksesnya pesta demokrasi tergantung kesiapan KPPS dalam kegiatan pemungutan dan penghitungan suara hasil pemilu.

“KPPS sebagai ujung tombak dalam proses pesta demokrasi karena fungsinya sangat penting," ujar Ketua KPU.

Ia menyebut, KPPS menjadi acuan dalam keberhasilan Pemilu. Jika KPPS tidak mampu menjalankan perannya dalam pemungutan suara dan penghitungan, maka dapat menjadi bibit terjadinya konflik.

Ia berharap, KPPS se Palas mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga mewujudkan pemilu yang jurdil dan berkeadilan.

Petugas KPPS yang dilantik menyatakan, siap mengemban amanah dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.Bahwa tugas tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap bangsa.

“Alhamdulillah pelantikan KPPS pada hari ini berjalan aman dan lancar, mari kita sukseskan pemilu serentak 2024 untuk menjadikan niat amal ibadah," tuturnya.

Ditambahkan, setiap TPS yang berjumlah 801 TPS ditugaskan 7 orang KPPS. Kegiatan pelantikan juga dirangkai dengan pengukuhan petugas penertiban TPS sebanyak 1602 orang yang bertugas setiap TPS sebanyak 2 orang.

Usai dilantik dilakukan penanaman pohon oleh KPPS sebagai bentuk iktiar reboisasi untuk melesatarikan lingkungan yang berkotribusi untuk pemenuhan logistik pemilu yang mengunakan kertas.