PALAS - Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) di peringatan HUT ke-43  Satuan Pengamanan (Satpam) mengusung tema "Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai". Kegiatan dilaksanakan di lapangan Mapores Palas, Rabu  (24/1/2024) dan diikuti ratusan personel Satpam dari berbagai perusahaan perkebunan dan perbankan.
 
Usai upacara kegiatan dirangkai dengan syukuran HUT Satpam ke 43 ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolres bersama Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH.
 
 
Kapolres Palas saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengharapkan
satpam semakin aktif dan profesional dalam mengemban tugas fungsi kepelolisian dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta berperan menjaga terciptanya pemilu aman dan damai.
 
Dikatakan, Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah di atur dalam pasal 3 ayat 1 huruf c UU Nomor : 2 Tahun 2002 tentang polri yang berbunyi " pengemban fungsi kepolisian adalah kepolisian negara  republik indonesia yang di bantu oleh bentuk pengamanan swakarsa.
 
"Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada rekan rekan satpam atas dukungannya selama ini," ujar Kapolres mengutip amanat Kapolri.
 
Kapolres berpesan juga Satpam harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas dengan junjung tinggi kode etik profesi Satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada. 
 
"Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisil yang diberikan kepada rekan-  rekan Satpam sebagai  kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran Satpam juga merupakan representasi kehadiran polri dilapangan," tegas Perwira yang berpangkat melati dua ini.
 
Kapolres juga berharap, Satpam agar terus mendukung tugas pokok polri dalam melindungin seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya, sebagaimana makna  perisai pada logo satpam.
 
Sementara itu, Plt Bupati Palas, drg,H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan, Satpam memiliki peran penting dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.
 
"Di momen HUT Satpam ke 43 ini,diharapkan salah satu syarat peran Satpam untuk  terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia," terangnya.
 
Kata Plt Bupati, fungsi dan peran Satpam dalam  memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat juga sebagai tantangan tugas  yang dihadapi.
 
“Potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui satuan pengamanan, khususnya ditahun politik ini harus tangguh dalam mendukung terciptanya pemilu aman dan damai," harap Plt Bupati.
 
Menurut Plt Bupati, peran penting yang dilakukan Satpam dalam membantu menjaga Kamtibmas di masyarakat. Seperti menjaga keamanan di kantor swasta, rumah, pabrik, gudang, perkantoran dan lokasi areal perkebunan sangat membantu tugas kepolisian.
 
“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan satpam atas dukungannya selama ini untuk menciptakan situasi yang kondusif," ujarnya.
 
Ia menambahkan, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing-masing dalam peningkatan peran Satpam sebagai  pengamanan swakarsa menjadi salah satu senjata dalam program transformasi menuju Polri yang presisi.
 
Hadir dikegiatan HUT Satpam ke 43, perwakilan pimpinan perusahaan perkebunan swasta dan BUMN serta utusan perbankan se Kabupaten Palas serta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Palas.