MEDAN - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Medan Polonia melantik 163 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2024. 163 tenaga adhoc yang dilantik tersebut nantinya akan bertugas mengawas proses jalannya pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.
 
"Hari ini bapak, ibu pengawas TPS resmi menjadi keluarga besar Bawaslu," ujar Ketua Panwaslu Medan Polonia, Rijam Kamal Siahaan dalam sambutannya dalam pelantikan yang dilaksanakan di Pardede Internasional Hotel, Jalan Ir Juanda Medan, Senin (22/1/2024).
 
Dijelaskan Rijam, usai pelantikan PTPS terpilih yang telah dilantik akan mengikuti pembekalan.
 
Sementara itu, Komisioner Panwaslu Medan Polonia Riris Adisyahputra Munthe menekankan kepada seluruh PTPS diwajibkan untuk mengikuti Bimtek.
 
"Seluruh PTPS yang telah dilantik hari ini diwajibkan untuk mengikuti Bimtek tanpa terkecuali," tegasnya.
 
Senada dengan itu, Nurfarida, Komisioner Panwaslu Medan Polonia lainnya menjelaskan, materi Bimtek yang disampaikan nanti merupakan hal penting untuk diketahui PTPS.
 
"Itulah sebabnya kita tekankan seluruh PTPS wajib mengikuti Bimtek tersebut," pungkasnya.
 
Sementara itu, Camat Medan Polonia yang diwakili oleh Sekcam Rangga Karfika Sakti berharap kepada PTPS untuk melaksanakan tugasnya dengan baik pada pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang.
 
Pelantikan 163 PTPS di Kecamatan Medan Polonia ini juga dihadiri perwakilan, Kapolsek Medan Baru, Danramil 05/Medan Baru, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Medan Polonia dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA).
 
Kemudian, pelantikan PTPS ini juga dihadiri oleh Kordinator Sekretariat (Korsek) Panwaslu Medan Polonia beserta staf pendukung lainnya.
 
Sebagaimana diketahui, masa tugas PTPS untuk Pemilu 2024 selama 1 bulan dengan perincian tiga pekan sebelum hari pemungutan suara dan 1 pekan setelahnya.
 
Untuk di Medan Polonia sendiri, 163 PTPS ini akan bertugas di 5 kelurahan yang tersebut di kecamatan tersebut.
 
Pelantikan ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dan serta pemakaian rompi secara simbolis kepada PTPS.