PALAS - Camat Sihapas Barumun membuka perhelatan  Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XII tingkat Kecamatan. Camat Sihapas, Leliana Harahap,SE,MM  mengatakan, peserta MTQ diharapkan dapat memaksimalkan potensi prestasi qori dan qoriah untuk menggapai prestasi lebih baik di tingkat kecamatan menuju ketingkat Kabupaten Padanglawas (Palas).
 
“MTQ ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Palas, dan juga  sebagai agenda nasional," katanya, Kamis (18/1/2024).
 
Ia berharap, qori dan qoriah yang meraih juara ditingkat kecamatan nantinya, akan diberikan pembinaan guna mempersiapkan diri kejenjang tingkat MTQ Kabupaten maupun tingkat MTQ Provinsi.
 
“Perhelatan MTQ ini bermanfaat menangkal budaya luar  yang tidak sesuai dengan aqidah islam dan bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda di dalam memilih dan memilah apa yang ada di media sosial di era globalisasi saat ini," ucap Leliana Harahap.
 
Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Kecamatan  Sihapas Barumun, Abdullah Harahap S.Pd.MM menjelaskan, 
pelaksanaan MTQ berlangsung selama dua hari mulai 17-18 Januari yang diikuti 282 peserta putra dan putri dari 13 desa se-Kecamatan Sihapas Barumun.
 
Kata Abdullah yang juga menjabat Sekcam Sihapas Barumun menambahkan, di perhelatan MTQ ini, ada beberapa cabang perlombaan yang diperlombakan antara lain, Tahtil Qur’an putra/putri, Mujauwwad anak anak putra/putri, Mujauwwad remaja putra/putri. Mujauwwad dewasa putra/putri.
 
Selain itu, juga diperlombakan, Hifdzil Qur’an 1 juz, 5 juz,10 juz putra /putri, 20 juz, 30 juz juga putra/putri. Khott Al Qur’an naskah putra/putri, Hiasan Mushaf putra/ putri, Dekorasi putra/putri, Kontemporer putra/putri, Fahmil Al Qur’an putra/putri, Sarah Al Quran putra/putra.
 
“Ada 6 cabang lomba di perhelatan MTQ ke XII tingkat Kecamatan Sihapas Barumun yang dipelombakan,"terang Abdullah.
 
Tampak hadir di  pembukaan MTQ Kecamatan Sihapas Barumun, Kapolsek Barumun, Iptu Almirwan Sitorus, Koramil Binanga, Ketua MUI Kecamatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Kepala Desa se-Kecamatan Sihapas Barumun.