LHOKSEUMAWE – Sejumlah prajurit TNI dari Kodim 0103 Aceh Utara mengikuti Latihan Perorangan Dasar Teritorial (Latorsater), tujuannya untuk meningkat kesiapan dan mengasah kemampuan prajurit TNI AD, yang digelar di Makodim 0103 Aceh Utara, Senin (15/1/2024). Latihan perorangan dasar teritorial merupakan latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi serta perannya.
 
“Oleh karenanya latihan harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum, materi teritorial serta disesuaikan dengan standarisasi kemampuan prajurit yang sudah diatur oleh satuan atas,” kata Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Makhyar,ST,MM,MHI melalui Pasi Ops Kapten Inf Zulkhaizir.
 
Gunakan waktu yang baik – sebaiknya, kata kapten Zulkhaizir, jika seluruh peserta latihan mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh pasti semua materi bisa diterima dengan baik guna meningkatkan dan memelihara kemampuan territorial.
 
Dikatakan Kapten Inf Zulkhaizir, kegiatan Latorsater Teritorial dilaksanakan selama lima hari, dimulai tanggal 15 hingga 19 Januari 2024. “Latihan kali ini difokuskan pada peningkatan kemampuan dasar prajurit yang meliputi pengetahuan dan keterampilan dasar seperti Tikpursar, Sanjak, Pionir,         Ilmu Medan, Pengetahuan Senjata Ringan, Administrasi Umum AD, Ilmu Teritorial, Ilmu Pembekalan Angkutan, Longmalap, dan pengetahuan Hukum,” jelasnya.
 
Di harapkan, kata Pasi Ops itu,  seluruh Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara dapat laksanakan kegiatan dengan semangat dan penuh dedikasi termasuk pada latihan kali ini sebagai suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit.
 
Latorsater yang dilaksanakan, bukan hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapi untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan pada tiap prajurit di Satuan Teritorial.
 
Pasi Ops juga menyampaikan kegiatan Latihan Perorangan Dasar Teritorial Kodim 0103/Aceh Utara dilaksanakan setiap awal tahun sebagai latihan awal di Satuan Kewilayahan untuk kemudian dilanjutkan dengan latihan lanjutan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh komando atas.