PALAS - SMK Negeri I Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menerima bantuan Book Are A Uniquely Portable Magic dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut secara digital. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Barumun, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti,ST, Senin (15/1/2024) mengatakan dengan adanya bantuan yang menampung  3.000 judul buku melalui Book Are Uniquely Portable Magic secara digital ini tentu mendukung pemahaman literasi bagi siswa berbasis digital yang dapat diakses melalui handphone android.

"Bantuan Book Are Uniquely Portable Magic ini,tentu sangat mendukung peningkatan  literasi bagi siswa berbasis digital," terangnya.

Menurut Bidarlis, kemampuan literasi akan mempengaruhi baik untuk mencapai keberhasilan sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan maupun pada kehidupannya di masyarakat. 

"Membaca menjadi hal paling mendasar dalam praktik literasi mengunakan sistim digital yang menberi manfaat untuk terus melatih reading skill yang berkelanjutan untuk menguji kemampuan memahami informasi," ujar Bidarlis.

Dikatakan, perkembangan tekonologi yang begitu masif dan dinamis, lambat laun akan membawa berbagai perubahan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. 

Lanjut Bidarlis, hal  tersebut tentu akan menjadi tantangan bagi manusia untuk senantiasa bisa beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi era perkembangan kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat saat ini.

Kemampuan literasi yang dimiliki peserta didik, lanjutnya, berkaitan erat dengan reading skill dan berlanjut pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. 

Ia menambahkan, literasi sangat penting untuk dipahami karena merupakan kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas.