INHU- Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Ir. H. Hendrizal, M.Si pimpin rapat pembentukan posko bersama penanggulangan bencana banjir, Rabu (10/1/2024). Rapat diikuti unsur Forkopimda Inhu, Asisten, serta kepala OPD dan staf di lingkungan Pemkab Inhu, Direktur PDAM, Perwakilan PLN, camat se Kabupaten Inhu.

Sekda mengatakan pembentukan posko ini dilakukan mengingat curah hujan maupun intensitas hujan yang masih relatif cukup tinggi, sehingga potensi dan kerawanan terjadi bencana juga relatif tinggi. Untuk itu, semua pihak dituntut untuk siaga melalui pembentukan posko tersebut.

Sejumlah posko bantuan, posko pengungsi hingga dapur umum baik dari pemerintah daerah, maupun organisasi masyarakat di beberapa kecamatan yang terkena dampak banjir sudah di alokasikan bantuan bahan pangan dan sembako.

Asisten Pemerintahan & Kesra Setda Kab. Inhu H. Syahrudin, S.Sos, M.T dalam dalam kesempatan tersebut mengatakan tim satgas penanggulangan bencana banjir terkait tindak lanjut surat keputusan Bupati Inhu Nomor 61 tahun 2024 terhadap perpanjangan status tanggap darurat bencana banjir berada di Jl. Ahmad yani yaitu di samping Wisma Embun Bunga Rengat.

Kemudian untuk Posko kecamatan, akan berada di masing masing kecamatan yang letaknya strategis dan memungkinkan mendrop bantuan bahan pangan untuk masyarakat.

Sementara Sekda menyampaikan agar OPD terkait bersama dengan camat untuk memberikan data-data yang diperlukan untuk penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir.

"Untuk seluruh tim yang bertugas untuk siaga terhadap segala sesuatu yang akan terjadi ke depannya," ujarnya.