LHOKSEUMAWE – Komandan Korem 011 Lilawangsa Kol Kav Kapti Hertantyawan terus mengingatkan seluruh prajurit TNI terkhusus di wilayah jajaran Korem 011 Lilawangsa untuk tetap menjaga integritas TNI dan memastikan Pemilu berjalan sukses dan lancar.  Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0104 Aceh Timur dan ke Kodim 0117 Aceh Tamiang, serta memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit TNI di Kecamatan Sungai Liput, Kabupaten Aceh Tamiang,Senin (8/1/2024).
 
Ia menegaskan TNI jangan ikut terlibat pada politik praktis, jaga integritas dan netralias TNI.
 
“Para Dansat jangan bosan ingatkan prajuritnya di satuan masing-masing Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa, agar tahan dan mawas diri, jangan mau terprovokasi oleh orang-orang yang ingin memperkeruh suasana dengan tujuan merusak citra TNI, bahkan bisa mencederai nama baik bangsa Indonesia, terkait masalah Pemilu seluruh prajurit saya ingatkan tetap jaga integritas prajurit TNI dan tetap menjaga netralias,” tegasnya.
 
Menurut orang nomor satu di Korem 011 Lilawangsa itu, meyakinkan prajurit, agar prajurit TNI aktif tidak akan ikut berpolitik. Sebab, TNI adalah instansi jelas dan bukan gerombolan, komitmen TNI netralitas pada Pemilu selalu dipegang teguh, bahkan ditegaskan, netralitas TNI harga mati.
 
“Netralitas TNI jangan diragukan lagi, sebab, jati diri TNI adalah tentara rakyat, bahkan bukan baru kali ini perhelatan pemilu dilaksanakan, sejak dulu TNI tidak ada berkepentingan berpolitik,” jelasnya.
 
Danrem berpesan kepada seluruh prajurit TNI terutama yang bertugas sebagai Babinsa, tingkatkan kemanunggalan TNI kepada masyarakat, berikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya pemilu damai yang berdemokrasi, mendidik, dan tertib.
 
“Kepada seluruh Dansat dan prajurit TNI dimanapun bertugas, jangan takut selagi benar, ajak masyarakat memperkokoh pemilu damai yang berdemokrasi, hindari ketegangan, dengan tujuan bersama menuju Indonesia bermartabat, kita tunjukan bahwa Pemilu 2024 ini bisa sebagai contoh bagi negara-negara lain,” harapnya.
 
Pengarahan turut dihadiri antara lain, Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto dan Kasi Intel Korem 011 Lilawangsa Mayor Inf Abdul Hadi.