TAPTENG - Polres Tapanuli Tengah melalui Personil Bhabinkamtibmas Polsek Pandan bersama warga, mengevakuasi seorang lelaki yang meninggal di Sungai Sibuluan, Kelurahan Sibuluan Nauli Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapteng, Selasa (9/1/2024) Pukul 15.45 WIB. Korban yang diduga tenggelan ini diketahui bernama Gufron (20) warga Kelurahan Sambang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, dan saat ini kost di Kelurahan Sibuluan Indah.
 
Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH melalui Kapolsek Pandan, AKP Zulkarnaen Pohan menjelaskan sekitar pukul 14.00 Wib, korban dan saksi - saksi berangkat dari rumah kost yang berada di lingkungan I, Kelurahan Sibuluan Indah, Kecamatan Pandan, dengan mengendarai dua unit sepeda motor untuk mandi-mandi dan memancing di sungai Sibuluan, tepatnya di lingkungan II, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan.
 
Kapolsek Pandan menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi Rian (20) dan Suyatno (20) warga Kelurahan Sambang Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, yang juga satu kost melihat korban tenggelam dan meminta bantuan warga.
 
"Korban bersama rekannya setelah sampai di TKP, korban langsung berenang ke tengah sungai, hingga kedua rekan korban melihat korban langsung tenggelam dan meminta tolong, namun karena Rian dan Kuatno tidak bisa berenang, akhirnya mereka meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk membantu korban," jelas Kapolsek Pandan.
 
Hingga pukul 14.45 Wib, korban berhasil ditemukan warga bersama Bhabinkamtibmas Polsek Pandan, Aipda Dedi Irwanto, dengan jarak 10 meter dari lokasi korban tenggelam. 
 
Saat ini pihak Polsek Pandan telah mengevakuasi korban ke RSUD Pandan untuk dilakukan pemeriksaan.
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan Ver dari pihak RSUD Pandan dan Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Tapteng, bahwa tidak ada tanda tanda kekerasan di tubuh korban. Dan korban meninggal dunia di sebabkan masuknya cairan ke dalam saluran nafas atau paru paru (saat tenggelam) yang menyebabkan gangguan pernafasan dan mengakibatkan kematian.
 
Kedua saksi, masih berusaha koordinasi dengan pihak keluarga korban di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, guna pengurusan pemakaman korban.