INHU – Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE kembali mengunjungi sejumlah lokasi yang terdampak banjir di Kecamatan Peranap, Minggu (7/1/2024). Ini sebagai wujud cepat tanggap Pemkab Inhu menangani bencana banjir akibat meluapnya Sungai Indragiri.

Pemkab menyerahkan bantuan berupa sembako sekaligus membuka posko banjir serta memberikan pelayanan kesehatan bagi warga.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Esau M.H Sigiro, SP menyebutkan pemerintah telah menyiapkan 84 ton Beras yang dititipkan di Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk disalurkan kepada masyarakat korban banjir. Bahkan dari jumlah tersebut 74 ton telah disalurkan.

Sementara itu Bupati Indragiri Hulu mengeluarkan imbauan Bupati per tanggal 7 Januari 2023 Nomor : 339/KPBD-INHU/006 tentang Pencegahan Dampak Bencana Alam Banjir. Dalam imbauan tersebut Bupati mengingatkan warga menghindari kegiatan yang berdekatan dengan aliran sungai, untuk menghindari korban jiwa.

Bagi warga yang tinggal dan usahanya berdekatan dengan tepi sungai juga diingatkan agar selalu waspada dan jika dimungkinkan untuk mengungsi telebih dahulu ke tempat yang lebih aman. .

Masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kesehatan, karena banjir dan pasca banjir akan berdampak pada banyaknya wabah penyakit.