PALAS - Plt Bupati Palas melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait Pemilu pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 bersama KPU Palas, di ruang kerja Sekda Palas, di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Jumat (5/1/2024). Penandatanganan NPHD ini berdasarkan surat edaran Mendagri Nomor : 900.1.9.1/435/SJ Tahun 2023 tentang pendanaan kegiatan pilkada tahun 2024 dan instruksi Kemendagri dalam rakor percepatan penandatanganan NPHD terkait Pilkada.

Acara Penandatangan tersebut turut dihadiri, Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika diwakili Wakapolres, Sugianto,S.Pd, Kajari Palas, Teuku Herizal,SH, Sekda Palas, Arpan Nasution,S.Sos serta Ketua KPU bersama Komisioner KPU Palas.

"Alhamdulillah, kita telah melakukan penandatanganan NPHD, terima kasih kepada KPU Palas  yang sudah hadir dikegiatan penanadatangan ini," katanya.

Plt Bupati juga berharap, dengan ditandatanganinya NPHD ini sebagai langkah awal pelaksanaan pilkada 2024. Dengan harapan memberikan manfaat untuk kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah, berjalan kondusif, aman dan lancar.

Ditambahkan, pilkada merupakan salah satu tahapan Pemilu oleh Pemerintah Pusat pada 2024. Melalui anggaran NPHD, pihak KPU Palas dapat menjalankan tugas  tahapan - tahapan pilkada sesuai regulasi hingga hari H Pilkada serentak 2024.

Plt Bupati juga berpesan, kepada seluruh penyelenggara pemilu untuk mempersiapkan segala sesuatu agar terwujudnya pemilu yang aman damai dan kondusif.

Sebelumnya, Sekda Arpan Nasution,S.Sos mengatakan, penyusunan NPHD ini telah melewati proses yang cukup panjang hingga nilai NPHD bisa ditentukan, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun 2024 ini.

"Nilai NPHD untuk KPU  Kabupaten Palas sebesar Rp  Rp 34.678.132.800 yang akan digunakan untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2024," tutup Sekda.