INHU - Memperingati hari juang 5 Januari 1949 yang dikenal dengan peristiwa Rengat bersejarah, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) laksanakan lomba napak tilas hari juang yang dilepas dari Halaman Kantor Bupati Inhu, Rabu malam (4/01/2024). Ratusan peserta yang terdiri dari perwakilan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Organisasi Masyarakat, dan anggota pramuka mengikuti napak tilas berjalan kaki dari Kantor Bupati Pematang Reba sampai ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Inhu di Rengat.

Seperti disampaikan Damendra, SE Kabid Olahraga Dispora Inhu, rute yang dilalui adalah mulai dari kantor Bupati menuju Pekan Heran, lanjut Rantau Bakung, Sialang Dua Dahan, Sungai Guntung Hulu, Sungai Guntung Tengah, Sungai Guntung Hilir, Kuba, Kampung Dagang, Rumah Tinggi, dan finish di Pendopo Rumah Dinas Bupati Inhu. Jarak rute lanjut Damendra sejauh 26 km dengan estimasi waktu lebih kurang 5 jam.

Bupati Inhu yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Inhu Ir. H. Hrndrizal, M.Si dalam sambutannya menyampaikan lomba juang malam ini merupakan napak tilas mengenang perjuangan peristiwa 5 Januari 1949 dimana ribuan pejuang dan masyarakat sipil tewas pada agresi tentara Belanda.

Pada kesempatan ini Sekda Hendrizal menyampaikan pesan Bupati agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Lomba Napak Tilas Hari Juang ini dilepas oleh Mantan Gubernur Riau H. M Rusli Zainal, didampingi oleh Tokoh Masyarakat Riau H. Yopi Arianto, SE. Sebelum melepas peserta lomba, H. Rusli Zainal menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Kab. Inhu yang sangat menghormati sejarah.

H. Yopi Arianto didampingi Sekretaris Daerah, Forkopimda, Staff Ahli, Asisten, Kepala OPD, dan para Pejabat tampak ikut berjalan kaki mengikuti napak tilas ini.