PALAS - Akses jalan keluar masuk Desa Ujung Batu 2, Kecamatan Hutaraja Tinggi terputus, akibat meluap sungai Batang Kumuh akibat guyuran hujan secara terus menerus dalam dua pekan belakangan ini.


Masyarakat desa yang ingin beraktivitss keluar masuk desa yang mengunakan kendraan roda terpaksa mengurung niat karena tidak dapat melintas akibat kepungan banjir.

Menurut salah seorang warga, Sudarno mengungkapkan, banjir yang merendam sarana jalan desa dan fasilitas umum dikarena meluapnya sungai batang kumuh yang kerap terjadi jika intensitas hujan cukup tinggi dan berlangsung selama beberapa hari, debit air sungai akan meluap ke desa.

"Kondisi air yang mengepung sarana umum desa diperkirakan setinggi 1 meter karena akses jalan desa seluruhnya terendam air," imbuhnya.

Plt Camat Hutaraja Tinggi, M.Halomoan Siregar, SE dikonfirmasi melalui telepin seluler, Kamis (28/12/2023) mengatakan, kondisi air yang merendam akses jalan desa mulai sedikit surut dan aktivitas warga keluar masuk desa belum maksimal.

Namun jika curah hujan turun lagi, lanjutnya, kemungkinan besar akses jalan keluar masuk desa akan terputus dan tidak dapat dilalui lagi.

Ia mengimbau, warga Desa Ujung Batu 2 untuk terus meningkatkan kewaspadaan dini dari bencana banjir yang bisa datang kapan saja.

"Meluap sungai batang kumuh ini cukup berdampak luas kedesa karena akses jalan desa terkepung banjir dan menimbulkan kekhawatiran bagi warga untuk beraktivitas," pungkasnya.