PALAS - Akses Jalinsum di Kabupaten Padanglawas (Palas) antara Pagaran Dolok sampai Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi, kondisi sangat memprihatinkan dan tidak ubahnya seperti "bubur". Kondisi akses jalan lintas sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Palas ini semakin berlumpur dan terus hancur yang berdampak mengganggu kelancaran lalu lintas umum khususnya truk-truk trontan pengangkut CPO dan truck pengangkut hasil perkebunan masyarakat.

"Kondisi jalan ini sangat memprihatinkan seperti macam bubur yang sangat sulit untuk dilintasi kendaraan karena licin dan badan jalan lembek, sehingga cukup membahayakan," ungkap salah seorang warga A.Siregar, warga Desa Aliaga.

Kondisi jalan lintas antara Pagaran Dolok sampai Aliaga ini, semakin hancur dan seperti bubur karena guyuran hujan yang terus menerus dalam sepekan belakangan ini, akibatnya hancur dan luluh lantak seperti bubur.

"Jalinsum di Palas, cukup menyulitkan bagi supir-supir truk khususnya tronton karena jalan seperti bubur ini mengancam keselamatan dan kemacetan," ungkap salah seorang supir mengaku bermarga Ritonga asal dari Sipirok.

"Kita terjebak macet hampir sepanjang 1 km karwna tidak dapat melintas. Setelah diatur oleh pihak Kepolisian arus lalulintas kembali normal," terangnya.

Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K langsung meninjau ke lokasi jalan hancur seperti bubur tersebut dan memerintahkan personel Polres mengatur kendraan agar bisa melintas secara bergantian.

Pantuan Go Sumut, Kamis (28/12/2023) di kantor Bupati Palasdigelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak perusahaan agar ikut berpartisipasi melakukan perbaikan jalan guna kelancaran arus lalulintas umum.