PALAS - Akibat tingginya intensitas hujan, sepekan belakangan ini di wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas) berdampak meluapnya sungai Batang Kumuh Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi. Akibat meluap sungai tersebut, akses jalan desa dikepung banjir dan merendam sejumlah rumah. Genangan air yang merendam badan jalan desa menganggu warga menuju Desa Ujung Batu IV dan Ujung Batu I.
 
Kepala Desa Ujung Batu IV, Elvi Sutianti, Rabu (27/12/2023) mengatakan, sampai saat ini jalan desa masih digenangi air selutut orang dewasa sehingga sulit dilalui warga.
 
"Genangan air tidak hanya mengepung akses jalan desa, tetapi sejumlah rumah warga juga turut terendam air dengan ketinggi sekitar 1 meter," terangnya.
 
Pemerintah Desa mengimbau, warga yang rumahnya terkena dampak banjir untuk sementara diminta mengungsi ketempat yang lebuh aman karena dikhawatirkan banjir lebih besar bisa datang secara tiba -tiba.
 
"Sampai saat ini belum ada korban jiwa akibat banjir akibat meluap sungai batang kumuh. Pihaknya masih mendata berapa jumlah rumah yang terendam air," tambahnya.
 
Ia menambahkan, dalam kondisi banjir saat ini, dikhawatirkan timbulnya wabah penyakit yang dapat menyerang warga khususnya anak -anak balita.