PALAS -  Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K mengecek langsung pengamanan di gereja-gereja saat perayaan Natal 2023. "Kami mengecek keamanan di semua gereja yang ada di Kabupaten Palas, untuk  memastikan keamanan bagi para jemaah agar bisa beribadah dengan tenang," ujarnya, Senin (25/12/2023).
 
Kapolres mengatakan,  sejumlah gereja di wilayah Kecamatan Sosa seperti Gereja HKBP Sion Nauli Sosa dan Gereja HKBP Hutaraja Lama Sosa di wilayah hukum Polsek Sosa. Secara langsung dicek sekaligus memberi pengamanannya untuk  pelaksanaan Ibadah Perayaan Natal disetip gereja yang ada di Palas.
 
"Setiap gereja di wilayah Kecamatan Sosa dan sekitarnya dijaga oleh personel yang bertugas untuk pengamanan Perayaan Natal," terangnya.
 
Kata Kapolres, tidak hanya mengecek kesiapan pengamanan dan situasi di lapangan. Pihaknya juga  menyapa para jemaat yang hadir serta memberikan bingkisan Natal kepada para pengurus gereja.
 
Ditambahkan, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) menjadi fokus utama Kepolisian dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.
 
Dikegiatan pengamanan ibadah gereja lanjut Kapolres, pihaknya menurunkan 45 personel untuk mengamankan jalannya rangkaian ibadah di setiap gereja  yang ada  di wilayah hukum Polres Palas.
 
"Kami siapkan tiga pos Nataru masing-masing terdiri dari 3 Pospam pelayanan yang  bertujuan memberi rasa aman kepada masyarakat selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata Diari Astetika.
 
Ia berharap, tidak ada gangguan Kamtibmas selama perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024. 
 
Ia pun memerintahkan anggotanya rutin melakukan patroli sebagai langkah antisipasi.
 
"Mobil patroli akan dikerahkan selama perayaan natal dan tahun baru guna mengantisipasi hal yang akan mengganggu Kamtibmas," pungkasnya. 
 
Turut serta mendampingi kegiatan pengamana dan pengecekan gereja, Wakapolres, Kompol Sugianto S.Pd bersama PJU Polres Palas.