PALAS - Kelompok petugas lipat yang direkrut KPU Padanglawas (Palas) telah merampungkan tugas pelipatan surat suara pemilu untuk DPR RI sebanyak 365 kotak dengan jumlah 182.171 ribu. Antusias petugas lipat mengerjakan pelipatan surat suara berlangsung selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu (24/12/2023) telah menyelesaikan pelipatan sebanyak 365 kotak surat suara.

Sebanyak 364 kotak berisikan 500 lembar surat suara ditambah 1 kotak berisikan 249 surat suara.

Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution, SH, MH mengatakan, hasil rekapitulasi surat suara yang telah selesai dilipat oleh petugas lipat sebanyak 182,171 ribu surat suara yang dinyatakan baik dan rusak sebanyak 78 surat suara.

"Ditargetkan kegiatan pelipatan surat suara pemilu baik DPR RI, DPR Provinsi, Kabupaten serta surat suara Calon Presiden dan Cawapres, selesai sampai akhir Desember 2023 ini," katanya, Senin (25/12/2023).

Kata Indra Syahbana, petugas khusus pelipat surat suara pemilu, diawasi secara ketat oleh pihak KPU dan Aparat Kepolisian Polres Palas serta Bawaslu Palas, dalam kegiatan pelipatan dan sortir surat suara.

Dikatakan, saat ini kegiatan pelipatan surat suara, melanjut ke proses pelipatan surat suara DPR Provinsi.

"Kita optimis seluruh varian surat suara selesai dikerjakan sampai akhir Desember 2023," ujarnya.

Ia menambahkan, ada lebih dari 15 kelompok petugas lipat yang mencapai ratusan orang disiapkan untuk kegiatan pelipatan dan sortir surat suara dikerjakan di gudang KPU Palas, Jalan Listrik Sibuhuan, Kecamatan Barumun.