PALAS - Puskesmas Binanga, Kecamatan Barumun Tengah menggelar kegiatan aksi bergizi ke sekolah untuk mencegah stunting. Kegiatan aksi bergizi  di MTsN Binanga kemarin, disambut antusias siswa dan siswi di lingkungan madrasah tersebut.

"Kegiatan ini kami laksanakan untuk meningkatkan kesadaran ke siswa di sekolah akan pentingnya kesehatan yaitu dengan tiga intervensi utama untuk mencegah stunting,” kata Kepala Puskesmas Binanga, Annekasari Siregar,SKM, Minggu (24/12/2023).

Dikatakan, kegiatan aksi bergizi bertujuan memberikan edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik.

Kemudian lanjutnya, komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif implementasi program aksi bergizi, tentunya diintegrasikan dengan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat.

Ia menuturkan, dalam kegiatan ini pihaknya berfokus pada siswa sekolah tingkat SMP sederajat di wilayah kerja  Puskesmas Binanga.

“Alhamdulillah kegiatan aksi bergizi ini disambut dengan sangat baik oleh pihak sekolah, serta antusias yang luar biasa dari anak-anak yang mengikuti kegiatan ini,” terang Annekasari Siregar.

Selain itu sambungnya, aksi bergizi dilaksanakan pada anak usia sekolah, maka  berfokus pada pentingnya sarapan sebelum berangkat sekolah dengan kecukupan gizi yakni seperti makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan dan sayuran yang meningkatkan konsentrasi belajar dan juga dapat mencegah stunting.

Menurutnya, kegiatan ini juga dapat mencegah terjadinya stunting, karena stunting dapat dicegah dari usia dini. Salah satunya yakni dengan kecukupan gizi pada anak usia sekolah dengan dibiasakannya sarapan maka stunting akan dapat dicegah.

Diketahui pada kegiatan aksi bergizi ini, pihaknya memberikan edukasi tentang pentingnya sarapan pagi dan mengajak anak untuk selalu  konsentrasi mengikuti kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, pungkasnya.