TOBA - KPUD Kabupaten Toba menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) melalui senam dan jalan sehat, Sabtu (23/12/2023) di lapangan veniu F1H2O lapangan Sisingamngaraja XII Balige. Jalan sehat diawali dari venue F1H20 menuju Jalan Bukit Barisan, Jalan Patuan Nagari, Bundaran Balige, Mess Pemprovsu dan berakhir di lapangan Sisingamangaraja XII Venue F1H20 Balige. Kemudian dilanjutkan dengan senam aerobik. 
 
Ketua KPU Kabupaten Toba, Sugar Fernando Sibarani menjelaskan kegiatan ini salah satu bagian dari upaya KPU untuk mensosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat Toba.
 
Hal ini sebagai inisiatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya hak suara mereka di pemilu 2024.
 
"Intinya kegiatan yang digelar KPUD Toba hari ini untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 yang tidak berapa lama lagi waktunya akan dilaksanakan," ujarnya.
 
Kegiatan ini diikutu seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sekretariat PPK dan staf pembantu PPK di 16 kecamatan se kabupaten Toba.
 
 
KPUD Toba melalui PPK dan PPS berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Pemilihan Umum 14 Februari 2024 yang akan datang.
 
Sugar menambahkan, KPU mengharapkan masyarakat proaktif untuk mengecek data pemilihnya di cekdptonline.kpu.go.id di mana dia nanti akan mencoblos serta melaporkan diri apabila ingin pindah memilih atau ada keluarga yang sedang merantau atau melaksanakan tugas di tempat lain dapat melaporkan ke posko DPT terdekat untuk mendapatkan surat keterangan pindah memilih agar hak pilihnya dapat digunakan dan tidak hilang,“ ungkapnya.
 
Ia berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kebersamaan, tetapi juga menjadi wadah edukasi bagi masyarakat Toba supaya lebih memahami betapa pentingnya peran serta aktif masing masing masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu yang akan datang.
 
Turut hadir di antaranya; Kapolres Toba diwakili Kapolsek Balige Iptu Slamet Pasaribu, Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani, Komisioner KPU Kabupaten Toba Helderia Purba, Ridwan Marpaung, Posman Naiborhu, Komisioner Bawaslu Toba Japarlin Napitupulu, Daniel Sharon Pasaribu, Kasat Intelkam Polres Toba Iptu Jhon Lister Siahaan, Camat Balige Partogi Tambunan, Camat Tampahan Elvi Situmorang.