TOBA - Kehadiran Kapolres Toba baru AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K bersama istri Ny.Sella Yosefin Wahyu Indrajaya menggantikan Kapolres Toba lama AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K Jumat, (22/11/2023). Pergantian Kapolres ini diawali sambutan pengalungan bunga oleh 2 orang Polisi cilik Polres Toba. Kemudian dilanjutkan dengan pedang pora penyambutan oleh para jajaran perwira Polres Toba yang disambut langsung Kapolres Toba lama AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K memasuki Mako Polres Toba.
 
Selanjutnya perkenalan seluruh jajaran Pejabat Utama dan jajaran Perwira Polres Toba lainnya yang diiringi dengan musik dan tari tarian budaya Batak Toba.
 
Kapolres Toba baru bersama istri menerima doa pemberkatan secara adat budaya Batak oleh tokoh masyarakat adat Desa Parparean 1 Kecamatan Porsea, Bistok Napitupulu.
 
Acara juga dirangkai dengan menyematkan ulos Batak sebagai penghormatan dan penghargaan dari suku Batak khususnya masyarakat Toba kepada Kapolres Toba yang baru.
 
Bistok Napitupulu menyebutkan, pemberian ulos Batak dan boras pir/boras satti (beras lambang kekuatan kehidupan) keatas kepala Kapolres Toba baru bersama istri sebagaimana tatanan adat budaya Batak dengan harapan dan doa kepada Tuhan untuk Kapolres Toba yang baru diberkati dan dilindungi Nya serta diberikan hikmah, kekuatan dan kebijaksanaan untuk memimpin di Kabupaten Toba.
 
Acara berikut dilanjutkan dengan upacara farewell & welcome parade Kapolres Toba di lapangan apel Mako Polres Toba dipimpin AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K dan AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K.
 
Dalam kesempatan ini, AKBP Taufiq Hidayat mengaku bangga bisa digantikan juniornya yang sebelumnya pernah menjalankan tugas di Tipiter Bareskrim Polri dan eks penyidik di KPK RI.
 
Ia optimis, dibawah Kepemimpinan AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K akan membawa Polres Toba semakin lebih baik kedepannya dalam memberikan tugas pengabdian dan pelayanan di masyarakat.
 
"Kesuksesan yang kita capai di berbagai tugas kerja selama kepemimpinan saya khususnya di penyelenggaraan berbagai even nasional dan internasional di Kabupaten Toba serta dengan penerimaan beberapa penghargaan yang diraih adalah berkat upaya kerja sama kita semua," ujarnya.
 
Oleh karenanya, jangan berharap langsung dicintai masyarakat, namun harus lebih awal mencintai masyarakat dengan tulus dan ikhlas dalam tugas dan pengabdian dengan berhubungan dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat.
 
"Biarkan cinta dan rasa suka serta rasa sayang dari masyarakat itu lahir dan bertumbuh dengan sendirinya kepada kita melalui tugas pelayanan dan pengabdian yang kita berikan. Janganlah pernah bosan dengan hal itu, karena itu sudah bagian dari diri kita sebagai, pelayan, pelindung dan pengayom di tengah masyarakat di samping sebagai aparat penegak hukum," ujarnya.
Sementara AKBP Wahyu menyampaikan mengapresiasi berbagai capaian prestasi yang diraih Polres Toba dimasa kepemimpinan AKBP Taufiq Hidayat.
 
Ia mengaku terkesima atas pemaparan AKBP Taufiq Hidayat Thayeb terkhusus keluarga besar Polres Toba, yang telah melaksanakan tugas dengan baik.
 
"Menjabat sebagai Kapolres Toba merupakan sesuatu yang baru bagi saya. Barang tentu akan banyak ilmu, pengalaman, hal baru, suasana baru, rekan baru, keluarga baru yaitu keluarga besar Polres Toba," ujarnya.
 
"Saat ini kita sudah dihadapkan dengan operasi lilin Toba 2023, Pemilu 2024 sudah di depan mata, saya pikir dalam menghadapi ini tidak bisa bersantai lagi. Kepada seluruh keluarga besar Polres Toba, mari sama-sama kita bahu membahu dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ucapnya.
 
Usai upacara penyambutan dilanjutkan dengan acara seremoni pisah sambut. Acara dihadiri Wakapolres Toba serta Pejabat Utama (PJU), para perwira, Bbntara dan jajaran staf mako Polres Toba dan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak,SE.
 
Dipenghujung acara AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K bersama istri memberangkatkan AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K bersama istri diberangkatkan dengan upacara pedang pora dengan melintas diatas bentangan karpet merah menuju memasuki kendaraan dinasnya menuju tempat tugas yang baru, menjadi Kapolres Batubara.