BATUBARA - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku menggelar upacara  memperingatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 di Lapangan upacara Lapas Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Jumat (22/12/2023). Inspektur upacara, Pariangan membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga, mengungkapkan Peringatan Hari Ibu (PHI) dirayakan setiap tanggal 22 Desember, bagi bangsa Indonesia bukanlah "mother's day".
 
Ia menjelaskan, PHI didasari momentum Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, yang merupakan titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial.
 
"PHI di Indonesia esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, yang tentunya juga sungguh istimewa, namun lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara," ungkapnya.
 
"PHI mengingatkan kita semua bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian yang kita dambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan," lanjutnya.
 
Ia mengajak sesama perempuan saling mendorong, saling menginspirasi dan saling membantu. "Janganlah sesama perempuan kita saling menjatuhkan," sebut Pariangan.
 
Karena kata dia, perempuan akan semakin kuat jika bersatu untuk mendobrak stigma yang masih melekat.
 
"Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata," ajaknya.
 
 
"Saya juga ingin mengajak seluruh pihak yang hadir untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk memberdayakan perempuan di berbagai bidang. Bersama perempuan, kita wujudkan Indonesia Emas 2045. Perempuan berdaya, Indonesia maju," pungkasnya.