PALAS - PT Energi Mega Persada(EMP) Tonga,Ltd bersinergi dengan Pemerintah Desa Sayur Matua, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar pelatihan desain grafis dan bisnis sablon bagi pemuda -pemudi. Kegiatan berlangsung selama dua hari, (19-20 Desember 2023), di Aula kantor Desa Sayur Matua dan diikuti Naposo Nauli Bulung atau muda -mudi Karang Taruna bersama empat desa lainnya.

Pelatihan ini dirancang untuk mendukung desa wisata yang digagas Kepala Desa Sayur Matua, Abdul Lawali Hasibuan,SH,MH,MM.

"Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 35 peserta dari kalangan muda -mudi desa yang dibimbing pelatih dan interpreneur, Al Azhari Refni –Owner Jago Sablon Cakap dari Pekanbaru yang telah banyak mengentaskan pelaku baru di bidang sablon di Kabupaten Riau," kata Sekcam Aek Nabara Barumun, Leman Tanjung mewakili Kepala Desa Sayur Matua, Kamis (21/12/2023).

"Atas nama pemerintah kecamatan dan desa, berterima kasih atas kepedulian PT EMP Tonga yang aktif menerapkan tanggung jawab sosiak perusahaan di masyarakat," terangnya.

Dikatakan, walaupun kegiatan perusahaan belum berproduksi dan saat ini sedang dalam proses pengeboran sumur baru dilokasi SET 01 Kecamatan Aek Nabara Barumun tetapi kepedulian terhadap lingkungan cukup baik.

Selain itu, lanjut Leman, pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas pemuda - pemudi dan mengangkat potensi wisata desa Sayur Matua.

Tujuan yang paling utama dari pelatihan ini katanya, mempersempit penyebaran peredaran narkoba di lingkungan kawula muda khususnya di Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Ia berharap, pelatihan ini menjadi awal bisnis bagi para pemuda - pemudi terkait jaringan bisnis sablon yang berdampak langsung dan berkelanjutan bagi peserta.

Sementara itu dikegiatan pembukaan pelatihan hadir, General Support Hafied Awal dan CSR Officer Jakarta Jajang Suherman mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan ini menberikan wawasan pengetahuan bagi muda -mudi desa.

"Kegiatan pelatihan ini sebagai a titik masuk Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Tonga di bidang ekonomi untuk membina ekonomi masyarakat melalui Desa Wisata yang sedang dirancang oleh pihak Desa Sayur Matua,"katanya.

Ditambahkan, pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas para pemuda -  pemudi dan mengangkat potensi wisata di Desa Sayur Matua.

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan, para pemuda dan pemudi yang tergabung di Pokdarwis Horas Pemuda.