PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun 2023, di Halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Selasa (19/12/2023).


Plt. Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu C.Ht MM, M.Si, MH membacakan amanat Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto,momentum peringatan hari bela negara mengambil tema "Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju".

Dikatakan, tema ini memaknai tentang nilai strategis sebagai panggilan untuk bersatu dan berkontribusi positif dalam rangka mencapai indonesia maju.

Intinya, lanjut Plt Bupati, melalui peringatan hari bela negara ini hendaknya tidak sekedar dirayakan sebagai sebuah hari peringatan saja. Namun harus menjadi momentum untuk berkomitmen bersama dalam mengobarkan semangat bela negara guna meeujudkan indonesia emas tahun 2045.

"Hal ini sejalan dengan pernyataan Jenderal Soedirman bahwa negara repoblik indonesia bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat istiadat. Tetapi milik kita semua dari sabang sampai marauke," kata Plt Bupati mengutip amanat Menteri Pertahanan RI.

Oleh karen itu, lanjutnya, indonesia adalah milik seluruh rakyat tanpa kecuali, sehingga tumbuh krmbangnya negara ini menjadi tanggung jawab bersama. Bela negara menjadi hak dan kewajiban konstitusional srluruh warga negara indonesia.

Sebelum mengakhiri sambutan tertulis Menteri Pertahanan, Plt Bupati mengajak, elemen masyarakat kabupaten Palas untuk terus kobarkan semangat bela negara dengan mengimplementasikan nilai dasar bela negara.

"Setiap langkah dan tindakan untuk membangun negara kesatuan republik indonesia menjadi negara maju berdaulat adil dan makmur," tutupnya.

Peserta kegiatan upacara peringatan Hari Bela Negara, siswa SD, ASN, TNI-Polri serta Organisasi Mahasiswa. Hadir di kegiatan tersebut, Wakapolres Palas,Kompol Sugianto, S.Pd, Sekda Arpan Nasution serta Pimpinan OPD Pemkab Palas dan Unsur Forkopimda.

Usai kegiatan upacara dilanjutkan dengan penyerahan SK PNS oleh Plt Bupati Palas kepada 325 CPNS Formasi Tahun 2021 yang dirangkai dengan pengambilan sumpah yang disaksikan rohaniawan.