PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) secara resmi menutup kegiatan pelatihan dan pembekalan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), Sabtu (16/12/2023) di halaman Mapolres Palas. "Satkamling berperan dalam meningkatkan semangat dalam mengoptimalisasikan kekondusifan lingkungan desa dan kelurahan," kata Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K,mengawali amanatnya saat menutup kegiatan pelatihan Satkamling.

Dikatakan, peran satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa, khususnya dalam rangka menghadapi pemilu serentak 2024.

Kata Kapolres, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan desa dan kelurahan.Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Di tengah keterbatasan personel lanjutnya, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban umum.

"Bangun sinergitas dengan masyarakat dan Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pam swakarsa,Imbuh Kapolres.

Ditambahkan, keberhasilan dalam menciptakan situasi aman kondusif tidak terlepas dari peran serta dan partisipasi seluruh masyarakat, tutupnya.