PALAS - Upaya menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Padanglawas (Palas), sebanyak 310 Satkamling desa dan kelurahan mengikuti  pelatihan dan pembekalan narkoba dan kamtibmas. Pelatihan dan pembekalan Satkamling dibuka Kapolres Palas melalui Wakapolres, Kompol Sugianto,S.Pd, Sabtu (16/12/2023) di halaman Mapolres Palas.

Adapun  materi pelatihan dan pembekalan disampaikan oleh Kabag Ops terkait Narkoba, Kasat Reskrim, AK Hutagalung terkait TP TKP, Tindak Pidana Ringan(Tipiring) dan Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan,SH terkait peran dan fungsi (Tupoksi) Satkamling serta Kamtibmas.

Wakapolres Palas,Kompol Sugianto,S.Pd berharap, Satkamling yang mengikuti pelatihan dan pembekalan dapat memahami tentang peran dan fungsi Satkamling dalam meningkatkan Kamtibmas yang kondusif di tingkat desa dan kelurahan.

"Ikuti pembekalan ini dengan baik, untuk menambah wawasan pengetahuan guna menciptakan situasi kamtibmas kondusif ditengah masyarakat," pesannya.

Dikatakan, peran Satkamling memiliki faktor penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut berperan menciptakan keamanan dan ketertiban umum.

Ketua Panitia pelaksana pelatihan dan pembekalan, Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan,SH mengatakan tujuan dibentuk Satkamling untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di setiap desa dalam menangkal kriminal, narkoba, pergaulan bebas,percurian.

"Dengan terbentuk Satkamling ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar warga dan rasa memiliki dan bertanggungjawab terkait keamanan dan ketertiban lingkungan," terangnya.

Ia berharap, Satkamling ini berperan aktif membantu tugas -tugas pemerintah dan Polri dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Palas.

Dikatakan, pembentukan Satkamling ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/997/VII /2023 tanggal 26 Juli 2023 tentang program Quick Wins Presisi dan Surat Perintah Kapolres Palas Nomor:Sprin/487/XI/REN2.3 tanggal 22 November 2023.

Selain itu, lanjut Rahmad Saleh, program Quik Wins Triwulan IV tahun 2023 tentang kegiatan pelatihan Satkamling.

"Pelatihan dan pembekalan ini dalam rangka peningkatan kemampuan dan wawasan tentang peran dan fungsi Satkamling untuk menjaga kamtibmas yang kondusif sehingga memberikan manfaat yang berkontribusi untuk pembangunan," tutupnya.