PALAS - Di kegiatan Jumat Curhat kali ini, Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika, mengunjungi Masjid Miftahul Miftakkin Desa Pasir Jae, Kecamatan Sosa Julu, Jumat (15/12/2023).


Dipertemuan dengan tokoh masyarakat, usai melaksanakan kegiatan shalat Jumat berjemaah, Kapolres Palas menampung aspirasi dan keluhan masyarakat terkait berbagai gangguan kamtibmas dan lainnya.

Dikesempatan itu, AKBP Diari Astetika menyampaikan pesan kamtibmas dan himbuan ke masyarakat diantaranya pesan mematuhui peraturan berlalu lintas untuk mencegah terjadi laka lantas.

"Keselamatan berlalulintas menjadi faktor penting, sehingga bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor supaya menggunakan helm karena tingginya angka kecelakaan lalu lintas serta mematuhi peraturan Lalulintas," ujarnya.

Selain peraturan berlalu lintas, Kapolres juga menyampaikan, tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, bila mengetahui ada informasi tentang bandar narkoba atau personel Polri yang terlibat jaringan narkoba, mohon disampaikan dan melaporkan ke Polres Palas.

Kapolres menegaskan, dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan fisik dan mental pengguna cukup berbahaya.

Ia mengajak, masyarakat untuk lebih memahami risiko-risiko yang dapat menghancurkan masa anak bangsa dan masyarakat yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Kapolres juga mengimbau, masyarakat yang mengetahui pelaku penyalahgunaan narkoba agar memberikan informasi kepada pihak Polres Palas. Di mana nantinya masyarakat yang memberikan informasi akan dirahasiakan identitasnya dan tidak diperiksa sebagai saksi.

"Masyarakat yang memiliki keluarga pemakai narkoba agar segera melaporkan ke Polres Palas untuk direhabilitasi dan tidak diperiksa atau ditahan," tegasnya.

Terkait biaya rehabilitasi, sambungnya, masyarakat yang tidak mampu akan direkomendasikan kepada BNN Provinsi.

Ditambahkan, memasuki tahapan pemilu serentak 2024 yang sudah diambang pintu, diharapkan, masyarakat secara bersama-sama menjaga kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Palas.

"Walaupun berbeda pilihan, tetapi kita harus tetap menjaga kerukunan dan persatuan agar tidak terjadi perpecahan di tengah masyarakat," harapnya.

Hadir mendampingi Kapolres dikegiatan Jumat Curhat,Wakapolres, Kompol, Sugianto, Kasat Intelkam, AKP Sahala Harahap,S.H, Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan SH, Kasat Lantas AKP Alfian Arbi, Kasat Samapta AKP M Husni Yusuf serta personil Polres Palas.

Tokoh Agama Desa Pasir Jae Berlin Hasibuan, Tokoh Masyarakat Desa Pasir Jae, Bangun Hasibuan, Syaqban Hasibuan, atas nama masyarakat Desa Pasir Jae mendukung Polres Palas dalam penindakan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Palas.

"Kam berharap, Polres Palas terus melakukan penindakan terhadap para pelaku penyalahgunaan narkoba.Karena selama ini ada statement negatif yang mana pihak kepolisian tidak berani melakukan penindakan terhadap pelaku narkoba di Desa Pasir Jae Kecamatan Sosa Julu ini," ucap Tokoh Masyarakat, Hendri Hasibuan.

Ucapan terimakasih kepada Kapolres Palas beserta rombongan atas kegiatan tatap muka bersama masyarakat Desa Pasir Jae.

Penyataan senada juga disampaikan, Tokoh Maayrakat, Bangun Hasibuan.

Menurutnya, penindakan yang dilakukan Polres Palas terhadap para pelalu penyalahgunaan narkoba,didukung masyarakat sebagai bentuk kepedulian membrantas peredaran narkoba.