PALAS - Momentum ikhtiar menyelamatkan semesta memaknai Milad Muhammadiyah ke 111 secara historis dalam pemikiran keagamaan. Hal itu disampaikan, Plt Bupati Padanglawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, MH dalam sambutannya saat menghadiri peresmian Panti Asuhan Muhammadiyah Kabupaten Palas,di Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Sabtu (9/12/2023).
 
Menurut Plt Bupati, ikhtiar menyelamatkan semesta memaknai tema milad ke-111 Muhammadiyah. Tema milad ini berakar secara historis dalam pemikiran keagamaan, ideologi dan keorganisasian di Muhammadiyah yang mengalami pematangan dari waktu ke waktu.
 
"Tema milad ini pula memiliki makna khusus bagi Muhammadiyah dan anggotanya," terangnya, Senin (11/12/2023).
 
Ikhtiar menyelamatkan semesta lanjutnya, setidaknya terkait dengan tiga hal yaitu pandangan Muhammadiyah tentang Islam, karakter dan watak organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan gerakan dakwah dan tajdid serta pandangan Muhammadiyah terkait problem-problem multidimensional, mulai dari krisis kemanusiaan, kemiskinan struktural, degradasi ekologi, konflik dan peperangan, hukum dan hak asasi manusia, serta berbagai hal lainnya.
 
Di usia ke-111 tahun kata Plt Bupati, Muhammadiyah meneguhkan diri sebagai gerakan Islam yang telah melewati berbagai situasi dan telah menjadi pelopor di berbagai bidang kehidupan bangsa. 
 
Termasuk ikut mendirikan negara Republik Indonesia melalui niat tulus dan kerja tanpa pamrih dari para pimpinan, anggota, kader, dan penggerak amal usahanya, imbuhnya. 
 
Ditambahkan, tujuan kesemestaan islam bagi Muhammadiyah merupakan cita-cita para pendiri Muhammadiyah adalah meneguhkan Islam sebagai agama yang mencerahkan dan menjadi rahmatan lil ‘alamin. 
 
"Dalam alam pikiran Muhammadiyah, Islam memiliki tujuan-tujuan kesemestaan yang menuntun setiap muslim supaya mengerahkan segenap ikhtiar untuk mewujudkannya," tambahnya.
 
Kegiatan peresmian Panti Asuhan Muhammadiyah Palas dirangkai dengan pembagian doorprize dari kegiatan jalan santai memeriahkan Milad Muhammdiyah ke-111 tahun.
 
Turut hadir dikegiatan tersebut, Sekretaris Wilayah PP Muhammadiyah Provinsi Sumut, Irwan Syahputra, MA, Wakil Ketua II DPRD Padanglawas, Sahrun Hasibuan, anggota DPRD Madina, Mora Harahap, Kapolsek Sosa, mewakili Danramil Sosa serta pimpina OPD dan Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Palas.