MEDAN - Personel Polsek Medan Baru menggelar kegiatan 'Pojok Pemilu' di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Jumat (8/12/2023). Kegiatan 'Pojok Pemilu' yang bertujuan untuk berbagi informasi agar terwujud Pemilu Serentak yang aman dan damai itu dilaksankan di Warkop Yusuf, Jalan Antariksa Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia.
 
Hadir pada kesempatan itu Ketua Panwaslu Kecamatan Medan Polonia, Rijam Kamal Siahaan beserta anggota, Riris Adi Syahputra Munthe dan Nurfarida.
 
Kemudian Lurah Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Edi Gurnawan, Komisioner Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Iskandar Zulkarnain Siahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan (OKP), Kepala Lingkungan dan stakeholder lainnya.
 
Tidak ketinggalan, Kanit Binmas Polsek Medan Baru, AKP HR Suprianto, Panit Opsnal Intelkam Polsek Medan Baru Ipda Lamsihar Simanjuntak dan personel lainnya.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi serta menerima masukan dari masyarakat agar terciptanya Pemilu Serentak tahun 2024 dengan aman dan damai," ujar Kanit Binmas Polsek Medan Baru AKP HR Suprianto di hdapan 25 orang yang hadir saat membuka kegiatan 'Pojok Pemilu' tersebut.
 
Karena itu, lanjut dijelaskannya, atas nama Kapolestabes Medan dan Kapolsek Medan Baru ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin.
 
"Terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dalam kegiatan sharing tentang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 mendatang ini," jelas AKP HR Suprianto.
 
Senada dengan itu, Panit Opsnal Intelkam Polsek Medan Baru Ipda Lamsihar Simanjuntak menyampaikan kegiatan 'Pojok Pemilu' ini merupakan program rutin jajaran Polrestabes Medan.
 
"Tujuannya tidak lain untuk menyamakan persepsi agar tercipta Pemilu Serentak tahun 2024 yang aman dan damai," kata Ipda Lamsihar Simanjuntak.
 
Apalagi, kata Ipda Lamsihar Simanjuntak, Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.
 
"Dengan kata lain, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatan dan merupakan lembaga demokrasi. Bukan menjadi ajang perpecahan," katanya.
 
Maka dari itu, katanya, lewat kegiatan 'Pojok Pemilu' ini, diharapkan tercipta kesamaan persepsi sehingga apa yang dicita-citakan bersama agar Pemilu aman dan damai dapat diwujudkan.
 
Sementara itu, anggota Panwaslu Kecamatan Medan Polonia, Riris Adi Syahputra Munthe dalam kesempatannya menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai bukan hanya tanggungjawab dari penyelenggara.
 
"Tanggung jawabnya bukan hanya ada pada penyelenggara Pemilu. Karena itu, mari sama-sama kita melakukan pengawasan dengan berbagi informasi agar tercipta Pemilu yang aman dan damai serta berkualitas," katanya.
 
Sedangkan Komisioner PPK Medan Polonia, Iskandar Zulkarnain Siahaan menyampaikan perihal tentang Pemilu damai.
 
Setelah mendengar paparan dari pihak Polsek Medan Baru, Panwaslu Kecamatan dan PPK, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
 
Kemudian, unsur tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan OKP menyatakan siap untuk menyukseskan Pemilu.