Toba - Ajakan ini disampaikan oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam perayaan Natal Oikumene Kecamatan Siantar Narumonda yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Siantar Narumonda, pada Kamis (7/12/2023) sore. Natal dengan Tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" yang dikutip dari ayat Alkitab Lukas 2:14, dan Sub tema 'Melalui Natal Oikumene Kecamatan Siantar Narumonda, kita terpanggil untuk memberhentikan tindak kekerasan pada anak dan perempuan, sebagai wujud menyatakan kemuliaan bagi Allah dan danai sejahtera di bumi."

"Ayo ini kita selesaikan. Ini tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri. Waktu Almarhum (Aris Merdeka Sirait) masih hidup, katanya penyebabnya berdasarkan penelitian ada tiga," kata Poltak Sitorus mengajak warga mengatasi kekerasan terhadap anak dan perempuan, baik kekerasa fisik, psikis dan kekerasan seksual.

"Penyebabnya tuak, kedua masalah ekonomi, ketiga masalahnya kerohanian. Tidak pergi lagi beribadah," katanya.

"Hari ini kita sepakat supaya nanti di setiap desa dibuat tonggo raja. Di sana disepakati kalau minum tuak tidak boleh terlalu banyak, batasin minum tuak sampai jam 9," sambungnya sambil menanyakan kesediaan para kepala desa.

Selain masalah alkohol, penyebab kekerasan terhadap anak dan perempuan diyakini juga karena masalah ekonomi. Terutama bagi masyarakat dengan kondisi rumah terbatas dan tidak punya kamar.

"Kalau tidak punya kamar, melalui pak camat agar dilapor ke Dinas PMD supaya dibikin kamarnya," katanya melanjutkan.

Sementara untuk masalah kerohanian dan keimanan, Poltak Sitorus mengajak para pendeta untuk lebih aktif lagi mengajak para jemaatnya agar lebih rajin beribadah.

"Kalau yang tidak ke gereja, nah ini tugas kita bersama-sama Pak Pendeta, kunjungi mereka," harapnya kepada para pendeta.

Melalui pelaksanaan perayaan Natal Oikumene tersebut, Poltak Sitorus juga mengajak seluruh masyarakat agar membawa damai kepada semua.

"Ayo kita bawa damai itu kemana-mana. Bawa ke dalam hati kita," ajaknya.

Bupati menjelaskan bahwa ada tiga cara untuk mendapatkan kedamaian dalam hati setiap manusia. Tiga cara itu adalah dengan membagikan kasih kepada sesama, menunjukkan kepedulian kepada sesama da rela berkorban.

"Kalau ini kita lakukan, ini dapat meningkatkan Hormon Endorfin di dalam tubuh kita yang membuat kita senang, bahagia. Ini menurut penelitian," katanya lagi.

Natal Oikumene Kecamatan Parmaksian berlangsung meriah meski diguyur gerimis. Natal ini diikuti oleh tokoh masyarakat, Forkopimca setempat, para pendeta dan sejumlah masyarakat dari Desa yang ada di Kecamatan Siantar Narumonda.

Sebelumnya Camat Siantar Narumonda, Evendy Marpaung mengatakan dalam sambutannya bahwa sesuai sub tema natal seluruh masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Siantar Narumonda menolak keras tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Hadir mendampingi bupati yaitu Ketua TP-PKK Kabupaten Toba,Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus, Staf Ahli Bupati, Darwin Sianipar, Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang, Sektretaris Dinas Perindagkop Manuntun Sagala, dan sejumlah Kabag Setdakab.